Sekretaris Pusham Unsyiah, Suraiya Kamaruzzaman, menjadi narasumber peHTem edisi Kamis 20 Januari 2022 episode ke 44 Tahun ke II dengan tema: Apakah Cambuk Solusi Terakhir Bagi Predator Seksual?, yang dipandu oleh host Siti Aminah Jangan lupa subsribe like share dan comment.

Dijamin Aman dan Sehat

Lima Cara Tepat Menghilangkan Bulu Kemaluan

IstimewaIlustrasi
A A A

BULU kemaluan yang sudah terlalu lebat disarankan segera dihilangkan. Alasannya, langkah ini baik untuk kesehatan, seksual, hingga mengurangi bau dari keringatnya. Maka itu, menghilangkan bulu kemaluan menjadi salah hal yang wajib dilakukan. Tapi permasalahannya menghilangkan bulu kemaluan tidak bisa dilakukan dengan sembarang atau asal-asalan, sebab bisa menyebabkan luka dan sebagainya. Nah, berikut tips menghilangkan bulu kemaluan yang aman dan sehat, seperti dirangkum dari laman Healthline, Sabtu (18/12/2021).

1. Mencabut
Mencabut bulu kemaluan harus sedikit lebih teliti dan menyakitkan daripada mencukurnya. Lakukanlah dengan cara yang lembut, sebab mencabut bulu kemaluan terlalu kuat atau secara tiba-tiba dapat melukai kulit atau folikel. Kondisi ini dapat menyebabkan iritasi atau infeksi.

Cara mencabut bulu kemaluan dengan benar adalah:
- Disinfeksi sepasang pinset khusus untuk mencabut bulu kemaluan
- Pastikan memiliki pencahayaan yang baik sehingga tidak melewatkan bagian apa pun.
- Pegang erat-erat kulitnya, pegang ujung bulu di antara kedua ujung pinset, dan cabut perlahan ke arah tumbuhnya
- Menengok ke atas dan ke sekeliling setiap beberapa menit untuk menghindari kram leher

2. Mencukur
Ini adalah salah satu cara termudah untuk menghilangkan bulu kemaluan karena hanya membutuhkan pisau cukur yang bersih dan krim atau gel. Meski demikian, cara ini berpotensi melukai yang menyebabkan infeksi.

Cara mencukur bulu kemaluan yang benar dengan:
- Disinfeksi pisau cukur
- Membasahi rambut kemaluan agar lebih mudah dipotong
- Pilih krim, pelembap, atau gel alami untuk melumasi kulit dan mengurangi kemungkinan iritasi atau berjerawat
- Pegang kulit dengan kencang dan cukur perlahan dan lembut ke arah tumbuhkan bulu kemalua
- Bilas atau cuci bersih pisau cukur setelah melakukan pemotongan

3. Waxing
Teknik waxing bisa sangat menyakitkan tetapi sangat efektif untuk menghilangkan bulu kemaluan dalam jangka waktu yang lama. Dengan mencabut sebagian besar bulu kemaluan hingga ke akarnya, maka dapat mengurangi rasa gatal saat mereka hendak tumbuh kembali. Waxing biasanya aman dilakukan di rumah, tetapi ada baiknya dilakukan oleh seorang profesional. Waxing juga bisa sangat menyakitkan atau menyebabkan iritasi dan infeksi jika memiliki kulit sensitif.

Cara melakukan waxing yang benar adalah:
- Gunakan wax dan strip waxing yang dijual bebas
- Cuci dan desinfeksi area yang akan Anda wax
- Oleskan lilin hangat dan strip waxing ke area tersebut
- Dengan kuat namun lembut sobek strip waxing dari kulit

4. Teknologi laser Dokter atau dokter kulit akan menggunakan perangkat laser pada kulit untuk mengirimkan cahaya terkonsentrasi ke folikel rambut. Panas dari laser melemahkan atau menghancurkan folikel rambut, serta mencegah rambut tumbuh kembali. Anda biasanya perlu menjalani beberapa perawatan sebelum merusak folikel bulu kemaluan yang dapat menghentikan pertumbuhan rambut untuk jangka waktu yang lama. Perlu diketahui, tidak semua perangkat laser disetujui oleh Food and Drugs Administration (FDA).

5. Memangkas
Anda hanya membutuhkan gunting untuk memangkasanya. Ini adalah cara yang bagus dan cepat untuk membentuk bulu kemaluan. Cara ini juga kemungkinan kecil menimbulkan risiko komplikasi yang lebih sedikit, sebab gunting biasanya tidak akan menyentuh kulit secara langsung.

Cara memangkas bulu kemaluan dengan benar adalah:
- Disinfeksikan gunting untuk memotong bulu kemaluan.
- Pastikan bulu kemaluan kering sehingga rambut tidak menyatu.
- Potong bulu kemaluan secara perlahan dan lembut, satu per satu atau dalam bagian kecil, sesuai dengan keinginan.
- Simpan gunting cukur di tempat yang kering dan bersih.[]

Sumber:okezone.com
Rubrik:KESEHATAN

Komentar

Loading...