Akibat tingginya curah hujan mengakibatkan dua unit rumah warga Kampung Lampahan Timur, Kecamatan Timah Gajah, Kabupaten Bener Meriah tertimbun tanah longsor, Jumat (15/1/2021). Selain itu, satu unit gudang yang berada di dekat rumah ikut tertimbun. Plt Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Bener Meriah, Safriadi melalui Kabid Kedaruratan, Anwar Sahdi menyampaikan, dua rumah warga yang tertimbun bagian dapurnya itu yakni rumah, Musliadi dan Muklis yang merupakan Reje Kampung Setempat.

Legislatif dan Eksekutif Bener Meriah Bahas Tiga Rancangan Qanun

SAMSUDDINRapat paripurna DPRK Bener Meriah
A A A

BENER MERIAH – Legislatif dan eksekutif Kabupaten Bener Meriah mulai melakukan pembahasan tiga rancangan Qanun Bener Meriah, Rabu (23/12/2020) di gedung DPRK daerah setempat.

Ketiga rancangan qanun tentang restribusi daerah, raqan qanun tentang rencana induk Pariwisata daerah, dan raqan qanun tentang penyelengaraan hari ulang tahun Kabupaten Bener Meriah.

Rapat paripurna tersebut dipimpin Ketua DPRK Bener Meriah MHD Saleh didampingi Ketua I DPRK Bener Meriah Tgk Husnul Ilmy, Ketua II DPRK Bener Meriah Anwar dan dihadiri beberapa anggota DPRK Bener Meriah.

Sementara dari pihak eksekutif dihadiri Bupati Bener Meriah Tgk H Sarkawi, Sekda Bener Meriah Drs Haili Yoga para asisten dan Kepala SKPK.

Bupati Bener Meriah Tgk H Sarkawi dalam pidatonya menyampaikan, rancangan qanun diatas adalah program legeslasi Kabupaten Bener Meriah tahun 2020. Semuanya merupakan upaya Pemkab Bener Meriah untuk mewujudkan regulasi lebih baik dari yang sebelumnya.

"Rapat rancangan qanun ini merupakan bukti dan komitmen kita bersama dalam menjalankan fungsi eksekutif dan legislatif yang salah satunya melahirkan qanun-qanun sebagai regulasi dan pedoman dalam menjalankan kebijakan daerah,"ujar Abuya Sarkawi.

Lanjutnya, qanun-qanun yang baru memang dibuat sesuai kondisi dan perkembangan saat ini dengan mengupayakan peningkatan pelayanan public, dan sebagai wujud pemerintahan yang baik maka perlu penyusunan qanun-qanun berkaitan dengan upaya percepatan sebagaiman yang diharapkan bersama.

“Seperti raqan qanun retribusi daerah yang merupakan upaya Pemkab Bener Meriah sebagai wujud penyelengaraan ketertiban retribusi demi menambah pendapatan asli daerah (PAD). Juga raqan qanun induk pariwiasata daerah sebagai upaya untuk mendapatkan wisatawan sebagai penunjang perekonomkian," kata Sarkawi.

Begitu juga dengan qanun penyelengaraan HUT Kabupaten Bener Meriah yang diubah sesuai dengan Undang-undang nomor 40 tahun 2003 tentang pembentukan Kabupaten Bener Meriah.

“Kami berharap semoga usulan rancangan qanun yang kami ajukan, kiranya dapat segera dibahas bersama dan selanjutnya dapat ditetapkan menjadi Qanun Kabupaten Bener Meriah tahun 2020,"harap Sarkawi

Sementara itu, Ketua Badan Legislasi (Banleg) DPRK Bener Meriah, Zulham menyampaikan, dari beberapa usulan rancangan qanun yang disampaikan kepada pihaknya sejauh ini tiga rancangan qanun yang telah mereka bahas diantaranya, rancangan qanun tentang Retribusi daerah, raqan qanun tentang rencana induk Pariwisata daerah, dan raqan qanun tentang penyelengaraan hari ulang tahun Kabupaten Bener Meriah.

Zulham menambahkan, untuk pembahasan tiga rancangan qanun tadi pihaknya juga melibatkan unsur eksekutif bagian umum setdakab serta unsur SKPK terkait. Dalam pembahasan qanun tersebut pihaknya berkesimpulan rancangan qanun sudah dapat diterima untuk diparipurnakan.

Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...