Masyarakat Diimbau Hentikan Transaksi

Koperasi Ilegal Marak di Bener Meriah

RRIBupati Bener Meriah, Tgk Sarkawi
A A A

BENER MERIAH – Bupati Bener Meriah Tgk H Sarkawi mengeluarkan imbauan agar masyarakat tidak melakukan transaksi dengan koperasi illegal. Imbuan tersebut sebagai upaya memberantas rentenir yang kian marak di Kabupaten Bener Meriah.

Dalam imbauan yang ditandatangani Bupati Bener Meriah Tgk H Sarkawi tertangal 5 Maret 2020, menerangkan. Bahwa semakin maraknya peraktek peminjaman uang dan atau kredit di wilayah Bener Meriah yang dilakukan oleh oknum-oknum yang tidak bertangung jawab serta dapat merugikan masyarakat dan memicu terjadinya konflik.

Maka Bupati Bener Meriah mengimbau agar masyarakat tidak melakukan transaksi apapun kepada lembaga atau koperasi illegal yang diragukan atau tidak jelas badan hukumnya.

Selanjutnya menghindari transaksi yang berbau riba. Kepada lembaga atau koperasi illegal yang tidak memiliki badan hukum, agar dengan segera menghentikan segala bentuk kegiatannya diwilayah Kabupaten Bener Meriah.

"Kepada masyarakat yang mengetahui adanya aktifitas lembaga atau koperasi ilegal yang ragu atau tidak jelas badan hukumnya, agar segera melaporkan kepada pihak berwajib dan atau kepada aparat Kampung untuk ditindak lanjuti," demikian bunti surat imbauan tersebut.

Saat dikonfirmasi ACEHIMAGE.COM, Senin (9/3/2020) via pesan WhatsApp (WA) Bupati Bener Meriah Tgk H Sarkawi mengatakan mengeluarkan imbauan tersebut setelah melihat di lapangan ada orang-orang yang bukan warga Bener Meriah melakukan kegiatan seperti perbankan tetapi tidak terdaftar.

Untuk itu, pemerintah setempat mengharapkan partisipasi warga dan semua pihak untuk mencegah kegiatan rentenir beroperasi di daerah Bener Meriah.

Sebelumnya, kata Bupati, pihaknya sudah pernah melakukan komunikasi dengan Kapolres Bener Meriah.

“Kami sudah diskusikan dengan pak Kapolres bahwa kegiatan rentenir sudah meresahkan dan sangat merugikan masyarakat. Waktu itu kami minta pak Kapolres untuk menindak rentenir keliling ini dan pak Kapolres sudah merespons baik,"jelas Abuya Sarkawi.

Bupati Sarkawi mengaku belum mendatangi pihak-pihak yang diduga lembaga atau koperasi ilegal yang beroperasi diwilayah Bener Meriah.

"Ini tahap awal sosialisasi dan pencegahan. Bila tidak berhenti ya harus kita prosuder hukum,"tandas Tgk Sarkawi

Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...