Dirlantas Polda Aceh, Kombes. Pol. Dicky Sondani, SIK, MH yang diwakili Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Aceh, Kompol. T. Zainal Amri, SH, SIK menjadi narasumber peHTem edisi Senin 30 Mei 2022 episode ke 81 Tahun ke II dengan tema: Pelat Hitam Atau Pelat Putih?, yang dipandu oleh host Siti Aminah, Jangan lupa like share comment and subsribe.

Hati-Hati

Konsumsi Makanan Ini saat Lebaran Bisa Picu Kolesterol Naik!

TimesofindiaJaga pola makan saat Lebaran cegah kolesterol naik
A A A

MEDIAACEH.COM - Setelah menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan, umat Muslim akan menyambut Hari Kemenangan di momen Idulfitri atau Lebaran. Hal yang akrab dijumpai di waktu Idulfitri adalah momen silaturahmi dan beragam hidangan khas Lebaran.

Sayangnya, beberapa hidangan khas tersebut justru bisa membuat kolesterol melonjak. Apalagi jika dikonsumsinya secara khilaf dan kurang waspada dalam menjaga asupan.

Dokter spesialis gizi klinis di RS Siloam Kebon Jeruk dr Sheena R Angelia, MGizi, SpGK mengungkap ada sejumlah hidangan yang biasa disajikan di hari lebaran dapat memicu lonjakan kolesterol. Apa saja sih?

“Konsumsi makanan tinggi kolesterol, contohnya daging berlemak, jeroan, dan makanan tinggi lemak jenuh, seperti kue kering, cake, hidangan bersantan dan digoreng memang bisa memicu lonjakan kolesterol,” kata dr Sheena.

Kondisi ini, sambung dia, bisa diperparah jika Anda menjalani pola makan dan gaya hidup tak sehat selama bulan Ramadan. “Apalagi jika selama berpuasa, kita juga cenderung berbuka dengan menu yang rendah nilai nutrisinya, tinggi gula dan lemak, diikuti dengan penurunan aktivitas fisik,” ujarnya.

Hal-hal tersebut, kata dia, dapat menyebabkan timbulnya dislipidemia. Dislipidemia ini sendiri diketahui ditandai dengan peningkatan kadar kolesterol dan atau trigliserida atau penurunan kadar high-density lipoprotein (HDL).

“Inilah yang mendukung terjadinya berbagai penyakit, seperti penyakit jantung dan stroke,” ungkapnya.

Oleh karenanya, penting untuk mengetahui cara mencegah lonjakan kolesterol di hari Lebaran. Mulai dari mengatur pola makan selama lebaran, memperbanyak minum air putih, menyempatkan diri berolahraga, hingga berhenti merokok.[]

Sumber:okezone.com
Rubrik:KESEHATAN

Komentar

Loading...