Aktivis Perempuan, Yulindawati kembali menjadi narasumber peHTem edisi Kamis, 9 Februari 2023 episode ke 50 Tahun ke 3 dengan tema: Pedagang Kaki Lima Tertindas, Benarkah LKMS Mahirah Muamalah Melakukan Praktek Lintah Darat di Nanggroe Syariah? yang dipandu oleh host Siti Aminah, S.IP, M.MLS, Jangan lupa like share comment and subsribe.

KIP Bener Meriah Resmi Lantik 696 Anggota PPS Lulus Tes Wawancara

IstPelantikan anggota PPK se Kabupaten Bener Meriah
A A A

ACEHIMAGE.COM – Ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP ) Kabupaten Bener Meriah melantik 696 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) pemilu serentak 2024. Pelantikan tersebut berlangsung di Gedung Olah Raga dan Seni (GORS) Kabupaten Bener Meriah, Selasa 24 Januari 2023.

696 anggota PPS yang dilantik tersebut merupakan calon peserta yang telah dinyatakan lulus tes wawancara yang berlangsung pada 18-19 Januari 2023 dan ditetapkan berdasarkan hasil pleno pada 22 Januari 2023.

Para PPS yang dilantik itu nantinya akan ditugaskan di seluruh kecamatan dan Kampung se-Kabupaten Bener Meriah.  Sebagaimana diketahui, Kabupaten Bener Meriah terdiri dari 10 kecamatan dan 232 Kampung. Segtiap Kampung akan ditugaskan satu orang ketua dan dua orang anggota PPS.

Pelantikan tersebut turut dihadiri Penjabat Bupati Bener Meriah, Drs Haili Yoga dan Forkopimda serta sejumlah perwakilan Partai politik peserta pemilu.

Ketua KIP Bener Meriah, Khairul Akhyar dalam sambutanya menyampaikan, PPS yang dilantik hari ini diharapkan bekerja secara profesional dengan berpedoman pada peraturan dan ketentuan yang berlaku.

Sebagai penyelenggara pemilu di tingkat desa/kampung, kata Khairul Akhyar, PPS yang dilantik hari ini sebanyak 696 orang harus memegang teguh prinsip kemandirian, kejujuran, kepastian hukum, tertib, terbuka, proporsional, profesional, akuntabel, efektif, dan efisien.

"Selain itu harus meningkatkan pemahaman terhadap tugas, wewenang. dan kewajiban sebagai anggota PPS,” ujar Ucok panggilan akrab Ketua KIP Bener Meriah itu.

Ia menambahkan,  tanggung dan  tugas PPS tidaklah ringan, tugas pokok dan fungsi PPS sangat penting dan strategis dalam penyelenggaraan Pemilu serentak nanti.

“Untuk itulah, pada kesempatan ini kami sangat menaruh harapan kepada saudara-saudara anggota PPS yang baru saja dilantik untuk segera melakukan koordinasi baik secara vertikal maupun horizontal, agar tahapan tahapan yang telah direncanakan dapat terlaksana dengan baik,"imbuhnya.

Jika menghadapi permasalahan krusial di lapangan, kami meminta PPS melakukan koordinasi dengan PPK di Kecamatan. Hal lainnya, setiap langkah dan tindakan harus senantiasa berpedoman pada aturan hukum yang berlaku agar dapat dipertanggungjawabkan.

Ucuk juga meminta kepada PJ Bupati Bener Meriah, agar memberikan dukungan kepada kami penyelenggara tingkat Kabupaten, Kecamatan dan Desa/Kampung dalam melaksanakan tugas yang cukup berat ini, sebab keberhasilan penyelenggara juga merupakan keberhasilan pemerintah dan masyarakat

Ucuk juga menegaskan,  netralitas anggota PPS harus tetap ditegakkan, mengingat seluruh masyarakat mengharapkan terselenggara Pemilu yang aman, nyaman, dan damai tanpa ada pihak-pihak yang merasa dirugikan

Sementara itu, Pj Bupati Bener Meriah Haili Yoga berharap PPS yang baru dilantik dapat menjunjung tinggi sikap netralitas dalam pelaksanaan Pemilu dan Pilkada tahun 2024. Sebagai penyelenggara di tingkat Desa, tentu kami meminta para PPS tidak memihak kepada partai politik tertentu.

"Anggota PPS jangan mencederai pemilu dengan tindakan yang tidak demokratis, tindakan yang tidak jujur, apalagi tindakan yang curang. Masyarakat menggantungkan harapannya agar lahir seorang pemimpin yang memegang erat amanat konstitusi demi kedaulatan rakyat di seluruh Indonesia,"tegas Haili Yoga.

Menurut Haili Yoga,  PPS adalah garda terdepan, jadi penting untuk menjaga marwah lembaga dan memiliki kinerja yang baik sebagai pelaksana Pemilu. Oleh karenanya, ada tiga hal yang penting yang harus ditingkatkan yakni  integritas, solidaritas, dan profesionalitas.

"Pesan saya, selalu optimalkan skill dan kemampuan, terkhusus harus bisa memanfaatkan teknologi informasi dan digital, karena hal itulah yang akan membantu kinerja saudara di lapangan,"papar Yoga. []

Komentar

Loading...