Sekretaris PMI Cabang Kota Banda Aceh, Syukran Aldiansyah Putra, menjadi narasumber peHTem edisi Senin 16 Mei 2022 episode ke 77 Tahun ke II dengan tema: Kisruh Internal Meledak, Benarkah Ketua PMI Jual Darah Secara Diam-diam?, yang dipandu oleh host Siti Aminah, Jangan lupa like share comment and subsribe.

Cerita Penembak Jitu Taliban

Kini Jadi Wali Kota di Afghanistan

AFPMantan penembak jitu Taliban jadi Wali Kota di Afghanistan.
A A A

ACEHIMAGE.COM - Pemerintah interim Afghanistan, Taliban, menunjuk penembak jitunya menjadi wali kota Maymana, Provinsi Faryab, Afghanistan.

Damullah Mohibullah Mowaffaq diangkat menjadi wali kota usai tiga bulan Taliban berhasil menduduki Kabul.

Mowaffaq punya reputasi sebagai penembak jitu top di jajaran Taliban. Ia juga terkenal menjadi salah satu milisi yang tangguh di kelompok ini.

Namun, kini ia ingin mengubah citra itu dengan berjalan-jalan di pusat kota, menjalankan tugas reguler sebagai pemerintah daerah, membuka saluran pembuangan, membuat proyek jalan, dan meredakan konflik di wilayahnya.

Kondisi itu menjadi salah satu gambaran transformasi milisi Taliban yang sekarang bergulat dengan urusan administrasi ketimbang senjata.

"Saat saya berjuang, tujuan saya sangat spesifik: untuk mengakhiri pendudukan pasukan asing, diskriminasi dan ketidakadilan," kata Mowaffaq yang dikutip AFP Selasa (16/2).

Ia kemudian berujar, "Sekarang, tujuan saya juga jelas: memerangi korupsi dan membuat negara makmur."

Saat tengah blusukan di Maymana, Ia tampak mengajak bicara pekerja yang sedang membersihkan selokan pinggir jalan.

Keluhan dan saran dari 100 ribu penduduk mau tak mau juga harus ditampung dan diselesaikan olehnya.

"Walikota baru masih muda, berpendidikan tinggi dan, yang terpenting, berasal dari kota. Dia tahu bagaimana menghadapi orang, kata wakilnya yang non-Taliban, Sayed Ahmad Shah Gheyasi.

Berbeda dengan milisi Taliban lain yang mayoritas hanya mengenyam pendidikan madrasah, Mowaffaq berasal dari keluarga saudagar kaya yang tumbuh di Maymana.

Ia juga disebut berprestasi di bidang akademik dan olahraga.

Kenang-kenangan masa mudanya menghiasi kantor Wali Kota Maymana. Mulai dari sertifikat kompetensi bela diri hingga ijazah sekolah menengah.[]

Sumber:cnnindonesia.com
Rubrik:DUNIA

Komentar

Loading...