Teuku Raja Keumangan SH MH, Sekretaris Fraksi Partai Golkar narasumber peHTem edisi Kamis 29 Juli 2021 episode 60 dengan tema: DPRA Diminta Bentuk Pansus Dana Siluman, Kemana Mengalir Dana Apendiks? dipandu oleh host Indah Rastika Sari. Jangan lupa subsribe like share dan comment.

Berdalih Untuk Kegiatan Sosial

Keuchik di Baktiya Barat Diduga Setor Dana Rp4,3 Juta Ke Forum

ilustrasi
A A A

ACEH UTARA  - Para Keuchik di Kecamatan Baktiya Barat, Kabupaten Aceh Utara diterpa informasi miring, diduga pada Tahun 2020 para keuchik di Kecamatan tersebut melakukan penyetoran uang kepada Forum Keuchik senilai Rp4.300.000,- perdesa.

Bahkan, menurut informasi yang diperoleh Media ini dari oknum pejabat Kecamatan, dimana dari jumlah dana yang terkumpul di 26 Desa, diduga sebesar Rp28 Juta diberikan kepada Muspika setempat.

Terkait informasi setoran uang tersebut dibenarkan Ketua forum Keuchik Baktiya Barat Ziaul Syamsyi Kepada Wartawan acehimage.com disela-sela pelantikan Keuchik di Kantor Camat Kecamatan setempat, Jum'at 2 Juli 2021.

Ziaul Syamsyi mengaku, penyetoran uang itu dilakukan oleh para Keuchik diperuntukkan untuk kegiatan sosial Forum Keuchik Kecamatan.

"Penyetoran Dana Rp4.300.000 - perdesa,  digunakan untuk kegiatan sosial Forum Keuchik," ujar Ziaul Syamsyi.

Disinggung soal adanya penyetoran ke Pihak Muspika, Ketua Forum Keuchik Baktiya Barat berdalih, bahwa pihaknya tidak pernah memberikan uang tersebut kepada muspika. Ia mengaku bahwa dana yang terkumpul itu diperuntukkan hanya untuk kegiatan sosial,

"Dana itu kita peruntukan hanya untuk kegiatan sosial saja, seperti ada keluarga Keuchik yang meninggal, kita kunjungi rumah-rumah duka dan memberikan santunan," kata Ziaul Syamsyi.

Meski segitu besaran uang setiap Desa yang dikutip untuk kegiatan organisasi Forum Keuchik Kecamatan, ia tidak menyebutkan berapa besaran santunan pada setiap kegiatan kunjungan sosial.

Anehnya, kata Ketua Forum Keuchik, ia mengaku uang tersebut bukan dari sumber Anggaran Dana Desa (ADD), Karena jika sumber ADD tidak dibenarkan, beralasan tidak tercantum dalam Rencana Anggaran Belanja (RAB). Namun Ketua Forum juga tidak menyebutkan dari mana Sumber Anggaran uang yang disetorkan oleh para keuchik tersebut.

Hal ini menjadi tanda tanya, apakah para keuchik di Kecamatan Baktiya Barat terpaksa harus merogohkan kantong pribadi masing-masing demi kemaslahatan kegiatan sosial Forum.[]

Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...