Ketua Komisi V DPRA, M. Rizal Falevi Kirani, kembali menjadi narasumber peHTem edisi Kamis, 6 Oktober 2022 episode ke 14 Tahun ke 3 dengan tema: Peran Anggota DPRA dalam Memperjuangkan JKA yang dipandu oleh host Siti Aminah, S.IP, M.MLS, Jangan lupa like share comment and subsribe.

Ketua PN Simpang Tiga Redelong Serahkan SK Pengangkatan Mediator Non Hakim Kepada Railawati

SamsuddinKetua PN Simpang Tiga Redelong, Ahmad Nur Hidayat menyerahkan SK pengangkatan mediator non hakim kepada Railawati
A A A

ACEHIMAGE.COM – Ketua Pengadilan Negeri (PN) Simpang Tiga Redelong, Ahmad Nur Hidayat SH.,MH menyerahkan Surat Keputusan (SK ) pengangkatan mediator non hakim kepada Railawati SH. Selasa, 9 Agustus 2022 di Kantor PN setempat.

Ketua PN Simpang Tiga Redelong, Ahmad Nur Hidayat menyampaikan, bagi mediator non hakim harus mendapatkan surat pengangkatan dari Ketua Pengadilan Negeri dan terdaftar dalam mediator di Pengadilan Negeri.

“Mediator itu ada yang dari hakim ada juga non hakim. Setiap mediator harus mengantongi sertifikat mediator yang diterbitkan oleh Mahkamah Agung atau lembaga yang memperoleh akreditasi dari Mahkamah Agung (MA ) yang menyatakan seseorang telah mengikuti dan lulus pelatihan sertifikasi mediasi,”ujar Ahmad Nur Hidayat.

Dikatakan Ahmad Nur Hidayat, pihak-pihak yang bersengketa bisa memilih mediatornya, apakah mediator hakim atau mediator non hakim yang terpenting keduanya terdaftar di PN ini. Jelasnya.

Sebab, mediasi adalah merupakan cara penyelesaian sengketa melalui proses perundingan untuk memperoleh kesepakatan para pihak dengan dibantu oleh mediator.

“Mediator sebagai pihak netral yang membantu para pihak dalam proses perundingan guna mencari berbagai kemungkinan penyelesaian sengketa tanpa menggunakan cara memutus atau memaksakan sebuah penyelesaian,”ungkap Ahmad.

Jadi, hari ini kita menyerahkan SK pengangkatan mediator non hakim kepada, Railawati dan Puji Prasetyo yang telah lulus mengikuti pendidikan (pelatihan ) mediasi.

Sebelumnya, kita telah menerima surat permohonan kedua mediator tersebut dengan nomor istimewa/mediator non hakim/IV 2022 atas nama Railawati S.H dan surat permohonan nomor istimewa/mediator non hakim/VII/2022 atas nama Puji Prasetyo, S.H.

“Mudah-mudah setelah menerima SK pengangkatan ini dapat berperan aktif sebagai mediator non hakim di Pengadilan Negeri ini,”harap Ketua PN Simpang Tiga Redelong itu.

Sementara itu, usai menerima SK pengangkatan mediator non hakim, Railawati kepada media ini menyampaikan bahwa dirinya telah mengikuti pendidikan mediator pada bulan Mei tahun 2022 lalu.

Railawati juga mengucapkan terimakasih kepada Ketua Pengadilan Negeri (PN ) Simpang Tiga Redelong yang telah mengangkatnya sebagai mediator non hakim di PN Simpang Tiga Redelong tersebut.

“Terimaksih saya ucapkan kepada bapak ketua PN Simpang Tiga Redelong, dan kepada Ketua Dewan Sengketa Indonesia (DSI). Dengan telah diangkatnya kami sebagai mediator di PN ini, kami siap menjadi mediator penyelesaian sengketa,”imbuh Railawati.

Menurutnya, keberadaan mediator baik dari  hakim dan mediator non hakim itu sangat penting, sebab, dapat memberikan pencerahan dan pemahaman bagi masyarakat dalam menyelesaikan persengketaan.

“Kendati biaya mengikuti pendidikan mediator cukup lumayan, namun tidak mengurangi antusias saya untuk mendapatkan sertifikat mediator tersebut. Hal itu agar dapat memberikan pelayanan terhadap masyarakat yang membutuhkan jasa mediator,”pungkas Railawati.[]

Komentar

Loading...