Aliansi Mahasiswa Aceh (AMA) kembali medesak Plt Gubernur untuk mempublikasikan penggunaan anggaran hasil refocusing maupun BTT dalam APBA 2020. AMA mengaku tidak berhenti menyuarakan hal tersebut sebelum tuntuntan mareka terpenuhi. Aliansi Mahasiswa Aceh memandang ada hal urgensi saat ini yang harus diprioritaskan oleh Pemerintah Aceh selama masa Pandemi COVID -19, seperti sektor kesehatan, pendidikan maupun sektor ekonomi.

Kenapa Pegawai Swasta Dapat Bantuan Rp600 Ribu?

DETIK.COMIlustrasi
A A A

JAKARTA - Pemerintah bakal memberikan bantuan kepada 13,8 juta pegawai yang bergaji di bawah Rp 5 juta per bulan. Mereka akan mendapat bantuan Rp 600 ribu per bulan selama empat bulan atau totalnya Rp 2,4 juta.

Program yang dinamakan gaji tambahan pegawai ini merupakan program baru yang masuk dalam pos perlindungan sosial dalam rangka pemulihan ekonomi nasional. Program perlindungan sendiri sudah banyak dikeluarkan pemerintah sejak pandemi Corona. Lalu tujuan program ini untuk apa?

Staf Khusus Menko Perekonomian, Reza Yamora Siregar mengungkapkan tujuan dari program gaji tambahan pegawai ini untuk meningkatkan daya beli masyarakat di tengah pandemi Corona.

"Untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di semester II-2020, peningkatan daya beli," kata Reza saat dihubungi detikcom, Jakarta, Kamis (6/8/2020).

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pertumbuhan ekonomi nasional minus 5,32% pada kuartal II-2020, dari angka tersebut tingkat konsumsi rumah tangga atau daya beli masyarakat minus 5,51% atau turun dalam jika dibandingkan pada posisi yang sama tahun sebelumnya yakni positif 5,18%. Melalui program baru ini, dikatakan Reza program gaji tambahan ini akan melengkapi keputusan pemerintah yang menggerakkan roda perekonomian melalui pelonggaran PSBB.

"Di sini kita harapkan penguatan sektor demand dan supply dapat berjalan bersamaan dan dalam kapasitas yang tinggi mulai pada semester II-2020," ungkapnya.

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan bantuan tersebut akan diberikan kepada 13,8 juta tenaga kerja dengan kriteria non PNS dan BUMN yang aktif terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan dengan iuran di bawah Rp 150.000 per bulan.

"Bantuan Rp 600 ribu per bulan selama 4 bulan akan langsung diberikan per dua bulan ke rekening masing-masing pekerja sehingga tidak akan terjadi penyalahgunaan," kata Erick dalam keterangan resminya, Jakarta, Kamis (6/8/2020).

Sumber:DETIK.COM
Rubrik:NASIONAL

Komentar

Loading...