Akademisi dan pengamat ekonomi dan politik pembangunan Universitas Muhammadiyah (Unmuha) Aceh Dr Taufiq Abdul Rahim menyatakan dirinya sependapat dengan Kaukus Peduli Aceh (KPA) yang secara tegas mendukung Kapolda Aceh untuk membongkar dan mengusut tuntas indikasi penyalahgunaan kewenangan dalam alokasi anggaran refokusing di Dinas Kelautan dan Perikanan Aceh (DKP).

Kemendagri Jelaskan Perihal Keppres Pencopotan Irwandi

Detik.comIrwandi Yusuf
A A A

JAKARTA –Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Benni Irwan perihal pencopotan Irwandi Yusuf dari Gubernur Aceh.

Seperti dilansir Klikkabar.com, Jumat, 16 Oktober 2020, Kemendagri membenarkan Presiden Jokowi sudah mengeluarkan keppres pemberhentian Irwandi Yusuf dari gubernur Aceh periode 2017-2022.

“Ya benar keppres-nya sudah keluar,” ungkap Benni, Jumat (16/10/2020).

Disebutkan keppres itu sudah disampaikan kepada Irwandi dan Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA).

Proses selanjutnya penunjukkan wakil gubernur Nova Iriansyah yang selama ini menjadi pelaksana tugas (Plt) gubernur sebagai gubernur definitif.

Menurutnya, kemungkinan keppres penunjukkan Nova Iriansyah sebagai gubernur definitif masih diproses di Kementerian Sekretariat Negara.

Irwandi Yusuf diberhentikan dari jabatan gubernur Aceh karena korupsi dana otonomi khusus Aceh (DOKA) tahun anggaran 2018.

MA (Mahkamah Agung) pada putusan kasasi menjatuhkan hukuman tujuh tahun penjara dan denda Rp 300 juta serta subsider tiga bulan kurungan terhadap mantan dosen kedokteran hewan di Unsyiah. Kini Irwandi berada di Lapas Sukamiskin Bandung.

Rubrik:NASIONAL

Komentar

Loading...