Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mendata, ada lebih dari 300 rumah yang mengalami kerusakan dengan berbagai tingkatan, akibat gempa berkekuatan magnitudo 6,1 mengguncang Malang dan sekitar Jawa Timur pada siang tadi. Data itu terakhir diterima BNPB pada pukul 20.00 WIB. "Data BNPB hari ini, pukul 20.00 WIB, lebih dari 300 rumah rusak dengan tingkatan berbeda, dari ringan hingga berat," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Raditya Jati melalui keterangan resminya, Sabtu (10/4/2021). "Catatan sementara, 13 unit rumah rusak namun belum ditentukan kategori tingkat kerusakan. Sedangkan sejumlah kerusakan fasilitas umum, antara lain sarana Pendidikan 11 unit, kantor pemerintah 7, sarana ibadah 6, RSUD 1 dan pondok pesantren 1," ungkapnya.

Kembangkan Wisata Aceh Selatan, Safaruddin akan Bangun Komunikasi dengan Sandiaga Uno

safaruddin di aceh selatan
A A A

SAMADUA - Aceh Selatan memiliki potensi wisata alam yang dapat dikembangkan guna meningkatkan perekonomian dan menghidupkan usaha-usaha kecil masyarakat.

"Potensi alam di sini sangat besar. Lautnya indah, yang berhadapan dengan Samudera Hindia. Jika ini dikembangkan, tentu akan mendongkrak ekonomi-ekonomi masyarakat. Sektor-sektor usaha masyarakat akan hidup dan industri rumah tangga juga akan tumbuh," kata safaruddin dalam kegiatan Reses dan Silaturrahmi dengan para pengurus DPC Gerindra Aceh Selatan, Minggu, 4 April 2021 malam.

Untuk itu, politisi kelahiran Aceh Barat Daya ini mendorong para kader-kader Gerindra Aceh Selatan yang telah diberikan amanah sebagai wakil rakyat (DPRK), untuk mendorong Pemkab menyusun rencana pengembangan wisata Aceh Selatan.

"Ada kader Gerindra yang menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI (Sandiaga Uno). Siapkan saja perencanaannya, jika dibutuhkan, saya akan bangun komunikasi dengan Pak Sandiaga Uno untuk fokus pengembangan wisata Aceh Selatan," ungkapnya.

"Untuk melakukan hak yang besar, tentu perlu upaya yang besar. Ini tidak bisa dilakukan sendiri-sendiri, perlu sinergitas antara beberapa pihak dalam memperjuangkan ini nantinya," tambah Safaruddin.

Selain mendorong pengembangan wisata, Safaruddin juga akan mengupayakan sejumlah program pemberdayaan ekonomi masyarakat dan peningkatan sumber daya manusia (SDM), yang akan menjadi pokok-pokok pikiran untuk diperjuangkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Aceh (APBA) Tahun Anggaran 2022.

"Bukan hanya fisik yang kita kejar dalam membangun Aceh, tapi pemberdayaan ekonomi dan peningkatan SDM perlu dilakukan. Pokir saya tidak berpaku di infrastruktur, tapi menghidupkan sektor-sektor usaha masyaarakat (UMKM) dan pelatihan-pelatihan untuk peningkatan SDM masyararakat," tegasnya.

Safaruddin juga mengatakan, upaya-upaya yang dilakukannya dalam hal pemberdayaan ekonomi masyarakat, bertujuan untuk mengatasi persoalan kemiskinan di Aceh.

"Walapupun tidak selesai seluruhnya, tapi setidaknya ada upaya pembenahan yang kita lakukan untuk meningkatan kesejahteraan masyarakat Aceh," imbuhnya.

Sementara itu, Ketua DPC Gerindra Aceh Selatan, Hadi Surya mengatakan akan menindaklanjuti rencana pengembangan wisata daerah tersebut. Dia juga akan mendorong Pemkab Aceh Selatan untuk menyiapkan segala yang dibutuhkan, untuk usulan ke kementerian nantinya.

"Rencana Induk Pariwisata Daerah (Riparda) Aceh Selatan juga sudah ada. Jadi tinggal disiapkan saja beberapa hal lain untuk usulan ke kementerian nantinya. Semoga saja ini bisa terwujud, guna menghidupkan sektor wisata di Aceh Selatan," kata Hadi Surya yang juga menjabat sebagai Ketua Komisi II DPRK Aceh Selatan.

Sebelumnya, dalam reses di Aceh Selatan, Safaruddin turut bertemu dengan masyarakat Gampong Teupin Gajah Kecataman Pasie Raja, Gampong Labuhan Tarok Kecamatan Meukek, serta mengikuti pertandingan sepakbola laga persahabatan Legend Sigupai dengan Pegend Persimas di Lapangan Sepakbola Meukek, Aceh Selatan. []

Sumber:rilis
Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...