Praktisi Pendidikan, Drs. Ramli Rasyid, M.Si, M.Pd kembali menjadi narasumber peHTem edisi Senin, 6 Februari 2023 episode ke 49 Tahun ke 3 dengan tema: Siswa Berprestasi Gagal Sekolah di Mosa, Benarkah Ketua Komite Diduga Kongkalikong dengan Kepala Sekolah Soal Dana Sumbangan? yang dipandu oleh host Siti Aminah, S.IP, M.MLS, Jangan lupa like share comment and subsribe.

Kelompok Kampung Linung Bale Juarai Lomba Makan Durian

IstPj Bupati Bener Meriah serahkan hadiah ekpada juara I pemenang lomba makan durian
A A A

ACEHIMAGE.COM – Puluhan emak-emak menggikuti festival lomba makan durian, lomba tersebut diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Bener Meriah. Selasa, 20 Desember 2022 di Kebun Durian Tunyang Raya, Kampung Tunyang, Kecamatan Timang Gajah.

Festival lomba makan durian tersebut dalam rangka menyemarakan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Bener Meriah ke-19, serta salah satu upaya promosi ekowisata di Kabupaten penghasil kopi Arabika Gayo.

Penjabat (Pj) Bupati Bener Meriah, Drs Haili Yoga M Si menegaskan, festival lomba makan durian itu akan menjadi agenda rutinitas setiap tahun. Sebab, lomba tersebut juga sudah pernah dilaksanakan sebelum Covid melanda.

“Melalui festival ini, kita berharap Kabupaten Bener Meriah menjadi tujuan utama para wisatawan luar daerah,"pinta Haili Yoga.

Untuk itu, saya mengapresiasi Dinas Pariwisata dan panitia pelaksana kegiatan festival lomba makan durian ini. Sebab, ini bukan hanya sekedar berlomba untuk tercepat  menghabiskan buah durian tetapi ini menjadi sarana promosi komoditi yang dimiliki daerah ini. ujar Haili Yoga.

Ia menerangkan, tujuan dari festival lomba makan durian ini sendiri adalah untuk merangsang kunjungan wisatawan untuk hadir ke Kabupaten berhawa sejuk ini. Karena, puncak panen raya durian diperkirakan pada bulan Februari 2023 mendatang.

Haili Yoga mengungkapkan, perlu kita ketahui, durian Timang Gajah ini memiliki kualitas yang sebanding dengan durian-durian terkenal di Asia. Justru itu, festival lomba makan durian akan menjadi agenda tahunan.

“Saya juga mengucapkan terimakasih kepada Kajari Bener Meriah yang telah memfasilitasi tempat, sehingga kita semua menyadari ternyata daerah Tunyang ini pantas diprioritaskan sebagai wko wisata,”imbuh Haili Yoga.

Sebagaimana diketahui, kata Haili Yoga, Kampung Tunyang adalah zona desa durian. Dan di Kabupaten Bener Meriah juga ada zona desa cabe. Ungkap Haili Yoga.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bener Meriah, Irmansyah dalam laporanya menyampaikan, festival lomba makan durian ini dalam rangka HUT Kabupaten Bener Meriah ke-19. Lomba ini diikuti oleh emak-emak.

“Pemenang lomba akan diberikan hadiah uang tunai dan bingkisan menarik, kegiatan ini selain menyemarakan HUT Bener Meriah juga bertujuan untuk mempromosikan komoditi yang dimiliki daerah ini,”jelas Irmansyah.

Dikatakan Irmansyah, untuk tahun depan, festival lomba makan durian akan dilaksanakan lebih meriah lagi. Ujarnya seraya menambahkan festival lomba makan durian ini adalah merupakan program yang pernah dilaksanakan oleh Pj Bupati Bener Meriah Drs Haili Yoga semasa menjabat Kepala Dinas Pariwisata.

“Festival yang dilaksanakan ini bukan kegiatan perdana, namun sebelum Covid-19 menggegerkan dunia, bapak Pj Bupati Bener Meriah sewaktu menjabat Kadis Pariwisata telah menggelar festival lomba makan durian yang turut diikuti peserta dari luar negeri,”papar Irmansyah.

Mudah-mudahan, melalui promosi yang dilaksanakan tahun ini menjadi perhatian wisatawan mancanegara maupun domestik akan berkunjung ke Bener Meriah mengikuti festival lomba makan durian di tahun yang akan datang. Harap Irmansyah.

Dari pantauan media ini, Juara I lomba makan durian di menangkan kelompok Kampung Linung Bale dengan nilai 14, Juara II Persit Kodim 0119 dengan nilai 13, Juara III dimenangkan Kejari Bener Meriah dengan nilai 12, dan Juara harapan I jatuh kepada kelompok Kampung Gunung Tunyang dengan poin 11. []

Komentar

Loading...