Jalan akses menuju Samar Kilang Kecamatan Syiah Utama, Kubupaten Bener Meriah lumpuh total akibat longsor dan pohon tumbang.“Mungkin kejadianya tadi malam, soalnya kemaren sore anggota saya pulang jalannya masih baik-baik saja," ungkapnya. Munurut Mustakim, longsor tersebut menimpa separuh badan jalan dengan panjang mencapai 17 meter, namun pohon-pohon dari atasnya tumbang dan menutup badan jalan sehingga jalan tersebut tidak dapat dilalui untuk saat ini.

Kejati Aceh Turun, Pembebasan Lahan PLN di Aceh Tengah Tuntas

ISTIMEWAKejaksaan Tinggi Aceh melakukan pendampingan hukum kepada PT PLN
A A A

BANDA ACEH - Kejati Aceh melakukan pendampingan hukum kepada PT PLN sejak bulan Mei s/d September 2020 di Takengon.

Peran yang dimainkan pihak Kejaksaan itu untuk kepentingan pembangunan pembangkit yang meliputi reservoir, rci dan spoil bank, dimana lahan tersebut mulai dilakukan pembebasan sejak tahun 1998 namun tidak tuntas.

BACA JUGAPolisi Buru Pelaku Pembacokan di Lambaro

"Alhamdulillah setelah Kejati Aceh melakukan pendampingan hukum maka proses pembebasan lahan untuk kepentingan pembangunan PLTA Peusangan dapat diselesaikan," ungkap
Kepala Seksi Penerangan Hukum dan Humas Kejati Aceh Munawal Hadi, Jumat (13/11/2020).

Sementara, lokasi reservoir desa Sanehen, Desa Wih Sangi Indah Kecamatan Silih Nara dan Desa Lenga, kecamatan Bies.

Menurut Munawal, kegiatan pendampingan hukum yang dilakukan Kejati Aceh antara lain dengan melakukan perencanaan dan identifikasi masalah, melakukan koordinasi dengan stakeholder terkait (BPN, Polres, DPRK Aceh Tengah), melakukan rapat pembebasan lahan dengan masyarakat pemilik lahan, dan melakukan mediasi dengan pihak pemilik lahan, serta berkoordinasi dengan KJPP (Kantor Jasa Penilai Publik).

"Nah, setelah melalui peoses tersebut maka ganti rugi, maka lahan itupun dapat diselesaikan setelah lama tertunda," tutur Munawal.

Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...