Ingin Seperti Daerah Maju

Kejari Usulkan Penetapan Nama Ruas Jalan di Bener Meriah

SAMSUDINKejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Bener Meriah menyerahkan usulan penetapan nama-nama ruas jalan di wilayah Bener Meriah kepada Bupati
A A A

BENER MERIAH – Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Bener Meriah menyerahkan usulan penetapan nama-nama ruas jalan di wilayah Bener Meriah kepada Bupati daerah tersebut. Usulan penetapan pemberian nama ruas jalan di Kabupaten Bener Meriah oleh Kejari dituangkan dalam surat pengusulan penetapan nomor B-365/L.1.30/Cp.1/30/2020.

Penyerahan itu berlangsung di ruang kerja Bupati Bener Meriah, Selasa (17/3/2020). Selain ditujukan kepada Bupati, surat dari Kejari ditembusan kepada DPRK yang diterima langsung oleh Ketua komisi C, Salwani.

Kepala Kejari Bener Meriah Agus Suroto SH MH mengatakan pihaknya hanya mengusulkan dalam penetapan nama-nama ruas jalan, namun menyangkut tekhnis nya akan dijalankan Pemerintah Kabupaten Bener Meriah dan DPRK.

“Seperti kita lihat bersama di Kabupaten Bener Meriah belum ada nama-nama ruas jalan seperti di kota atau Kabupaten maju yang ada di Indonesia bahwa berkaitan hal tersebut Kejaksaan Negeri Bener Meriah sesuai fungsinya turut menyelenggarakan kegiatan yang mencakup kegiatan-kegiatan bersifat membantu, turut serta dan bekerjasama serta memperhatikan koordinasi dengan instansi terkait khususnya dengan pemerintah daerah sebagaimana diatur dalam UU RI nomor 16 tahun 2004 jo peraturan jaksa agung RI nomor 006 tahun 2017 tentang organisasi dan tata kerja kejaksaan republik indonesia," kata Agus.

Itu sebabnya pihak Kejari Bener Meriah berinisiatif mengusulkan nama-nama ruas jalan di daerah penghasil kopi dan berhawa sejuk itu. Apalagi Kabupaten Bener Meriah merupakan daerah yang sangat bisa untuk menjadi kabupaten maju dengan didukung potensi-potensi yang dimiliki baik dalam bidang pariwisata, kuliner, transportasi, dan kopi yang terkenal.

"Namun hal ini haruslah didukung yang salah satunya dengan adanya nama-nama ruas jalan di kabupaten Bener Meriah," ujarnya.

Kejaksaan Negeri, sambung dia selain memiliki tugas dan wewenang seperti tindak pidana penuntutan, penyidikan, perdata dan tatausaha negara, juga mempunyai tugas memberikan pendapat atau hak usul kepada Pemda Bener Meriah, selama usul dan pendapat tersebut membawa kebaikan untuk kamajuan daerah.

Bupati Bener Meriah, Tgk H Sarkawi sangat mengapresiasi usulan yang disampaikan Kejari Bener Meriah. Oleh sebab itu dia mengharapkan supaya cepat terealiasi menjadi Qanun.

“Sebelumnya ini juga sedah pernah dibincang-bincangkan namun entah mengapa setelah itu tidak ada tindak lanjut, semoga dengan diingatkan lagi oleh Kejari ini cepat di terbitkan qanunnya,“ ungkap Sarkawi.

Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...