Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mendata, ada lebih dari 300 rumah yang mengalami kerusakan dengan berbagai tingkatan, akibat gempa berkekuatan magnitudo 6,1 mengguncang Malang dan sekitar Jawa Timur pada siang tadi. Data itu terakhir diterima BNPB pada pukul 20.00 WIB. "Data BNPB hari ini, pukul 20.00 WIB, lebih dari 300 rumah rusak dengan tingkatan berbeda, dari ringan hingga berat," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Raditya Jati melalui keterangan resminya, Sabtu (10/4/2021). "Catatan sementara, 13 unit rumah rusak namun belum ditentukan kategori tingkat kerusakan. Sedangkan sejumlah kerusakan fasilitas umum, antara lain sarana Pendidikan 11 unit, kantor pemerintah 7, sarana ibadah 6, RSUD 1 dan pondok pesantren 1," ungkapnya.

Kebakaran di Aceh Selatan Berhasil Dipadamkan

ISTIMEWAProses pemadaman kebakaran lahan
A A A

ACEH SELATAN - Kebakaran lahan yang terjadi sejak 11 Februari 2021 lalu di dua Desa dalam Kecamatan Bakongan yakni desa Ujung Padang dan desa Padang Beurahan mulai terkendali.

Memasuki hari ke 12, BPBD bersama TNI/POLRI, BKPH, TNGL, dan Manggala Agni Sibolangit yang tergabung dalam satuan tugas Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan Kabupaten Aceh Selatan telah berhasil memadamkan titik penyebaran api secara maksimal.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Selatan Cut Syazalisma menjelaskan upaya pemadaman sudah berhasil dilakukan.

"Hari ini fokus untuk melakukan pendinginan di beberapa titik api agar tidak memicu kebakaran kembali,"kata Cut, Kamis (25/2/2021) kepada wartawan.

Kalak juga menyampaikan pihaknya sudah menurunkan alat berat jenis Excavator untuk menormalisasi kanal bertujuan sebagai penyekat penyebaran api.

"Untuk upaya pendinginan dan pemantauan secara menyeluruh akan terus kita lakukan, sampai kita pastikan tidak ada lagi titik api,"tuturnya.

Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...