Pengamat Kebijakan Publik, Dr. Nasrul Zaman, ST, M.Kes kembali menjadi narasumber peHTem edisi Senin, 28 November 2022 episode ke 29 Tahun ke 3 dengan tema: Pemko Banda Aceh Terutang Akibat Mantan Bankir Tak Becus Pimpin Kota? yang dipandu oleh host Siti Aminah, S.IP, M.MLS, Jangan lupa like share comment and subsribe.

Kampung Babussalam Wakili Aceh Lomba Tingkat Nasional Apresiasi KIP Tahun 2022

IstBukhari Muslim petugas PPID Kampung Babussalam
A A A

ACEHIMAGE.COM – Kampung Babussalam di Kecamatan Bukit, Kabupaten Bener Meriah, terpilih mewakili Provinsi Aceh lomba apresiasi keterbukaan informasi publik (KIP) tahun 2022.

Terpilihnya Kampung Babussalam bersama lima Kampung lainnya  setelah mengikuti pembinaan lanjutan kegiatan apresiasi keterbukaan informasi publik tingkat nasional yang diselenggarakan di Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong (DPMG) Aceh.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) Kabupaten Bener Meriah melalui Kabid  DPMK, Mudawali Sabtu, 29 Oktober 2022 mengatakan, dalam mengikuti pembinaan yang berlangsung selama dua hari sejak 25-26 Oktober 2022 di Kantor DPMG Aceh, Kampung Babussalam diwakili oleh petugas PPID kampung tersebut.

“Pembinaan diwakili petugas PPID Kampung Babussalam, sedangkan dari Kantor DPMK Bener Meriah diwakili saya sendiri selaku kabid DPMK,”kata Mudawali.

Menurutnya, pembinaan pada hari pertama setiap desa mengisi instrumen yang telah diberikan, kemudian pada hari kedua instrumen tersebut di upload dengan didampingi oleh panitia dari DPMG Aceh.

“Alhamdulillah, Kampung Babussalam dari Kabupaten Bener Meriah akan mewakili Aceh untuk ajang apresiasi KIP,”sebutnya.

Sementara itu, Ketua PPID Kampung Babussalam, Bukhari Muslim menyebutkan, dirinya sangat menyambut baik tentang adanya keterbukaan informasi publik agar transparansi laporan penggunaan anggaran di kampung diketahui masyarakat.

“Tujuan kami hadir disini untuk memperbaiki birokrasi dan menertibkan administrasi di Kampung Babussalam, sehingga transparansi laporan ke publik dapat dilaksanakan dengan baik,”ungkap Bukhari.

Dirinya menambahkan, disamping itu keberadaan  sosial media sangat membantu pihaknya dalam menyampaikan informasi kegiatan di Kampung Babussalam ke masyarakat setempat.

"kita juga menyiapkan apa-apa saja yang diminta di dalam SAQ penilaian keterbukaan informasi tersebut dan juga selalu kita upload di website desa dan media sosial seperti, facebook, instagram, twitter, youtube milik Kampung Babussalam,”tuturnya.

Selama ini kita selalu upload kegiatan di Kampung kedalam media sosial, dan selalu update setiap ada kegiatan berlangsung. Hal itu bentuk ketransparanan kita terkait dengan informasi publik di Kampung ini.

Apa yang kami lakukan itu tidak lain dan tidak bukan untuk mewujudkan desa yang baik“good governance” dengan pola pemerintahan yang partisipatif, transparan dan akuntabel  guna terwujudnya kesejahteraan masyarakat Kampung Babussalam, serta meningkatkan diri dalam memberikan pelayanan sebaik mungkin untuk masyarakat Kampung Babussalam.

Pemerintah Kampung Babussalam bersama dengan seluruh unsur stakeholder pemerintahan desa telah dapat mewujudkan tersedianya desk layanan pejabat pengelola informasi dan dokumentasi (PPID) Kampung Babussalam.

“Alhamdulillah saat ini PPID Kampung Babussalam terpilih untuk mewakili Provinsi Aceh untuk mengikuti penilaian keterbukaan informasi publik tingkat nasional tahun 2022 bersama Gampong Ujung Batee dari Aceh Selatan, Kampung Merah Mersah dari Aceh Tengah, Gampong Peunyeurat, Kota banda Aceh, dan Gampong Lam Bheu, Aceh Besar, ” jelas Bukhari Muslim

Komentar

Loading...