Penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Sabang melakukan penggeledahan Dinas Perhubungan Sabang dan SPBU Bypass, Rabu (2/12/2020). Penggeledahan dimulai dari pukul 10.00-13.00 WIB itu dipimpin Kasi Pidana Khusus (Pidsus) Kejari Sabang Muhammad Razi SH. Kegiatan penggeledahan tersebut dilakukan dalam rangka mencari barang bukti terkait kasus dugaan korupsi belanja BBM/Gas dan Pelumas serta suku cadang yang bersumber dari DPPA SKPD Dinas Perhubungan Sabang tahun anggaran (TA) 2019 sebesar Rp 1.567.456.331.

Kamala Harris, Wanita Kulit Hitam Pertama yang Menjadi Wakil Presiden AS

NETKamala Devi Harris
A A A

BANDA ACEH - Senator cantik asal California Kamala Devi Harris, kini tengah menjadi trending dunia karena ia kini terpilih dan menduduki kursi Wakil Presiden AS mendampingi sang presiden Joe Biden.

Perempuan kelahiran 20 Oktober 1964 ini dipilih Partai Demokrat untuk mendampingi Joe Biden dalam pertarungan Pilpres AS melawan Donald Trump.

Kamala Harris merupakan seorang pengacara dan politikus Amerika Serikat yang menjabat sebagai Senator Amerika Serikat junior untuk California sejak 2017.

Sebelumnya ia menjabat sebagai Jaksa Agung California ke-32 dari 2011 sampai 2017 dan sebagai Jaksa Distrik San Francisco.

Pada 11 Agustus 2020, Joe Biden memilih Harris sebagai kandidat wakil presiden.

Dikutip dari Wikipedia, Harris lahir di Oakland, California. Ia merupakan anak sulung dari dua bersaudara.

Ibunya, Shyamala Gopalan, merupakan peneliti kanker dari India, sedangkan ayahnya, Donald Harris, merupakan ekonom asal Jamaika.

Keduanya bertemu saat masih menjadi mahasiswa di Universitas California, Berkeley.

Selain menjadi peneliti dengan gelar doktor dalam bidang nutrisi dan endokrinologi, Gopalan juga merupakan seorang aktivis hak-hak sipil.

Sejak usia muda kesadaran politis dibangun

Saat pertama kali menginjakkan kaki di Amerika Serikat, Gopalan merasa menemukan keluarga di kalangan warga kulit hitam Bay Area.

Aktivisme Gopalan turut membangun kesadaran politis Harris sejak usia muda. Keduanya bertemu saat masih menjadi mahasiswa di Universitas California, Berkeley.

Selain menjadi peneliti dengan gelar doktor dalam bidang nutrisi dan endokrinologi, Gopalan juga merupakan seorang aktivis hak-hak sipil.

Joe Biden dan Kamala Harris resmi sebagai presiden dan wakil presiden AS setelah perolehan electoral votes mencapai angka 284.

Saat pertama kali menginjakkan kaki di Amerika Serikat, Gopalan merasa menemukan keluarga di kalangan warga kulit hitam Bay Area.

Aktivisme Gopalan turut membangun kesadaran politis Harris sejak usia muda.

Harris mengenyam pendidikan sarjana di Universitas Howard, perguruan tinggi yang memiliki sejarah sebagai kampus warga kulit hitam.

Saat masih mahasiswa, ia juga menjadi anggota perkumpulan mahasiswa kulit hitam terkemuka, Alpha Kappa Alpha. Selama remaja, Harris sering mengunjungi India.

Dikutip dari AP, Kamala Harris mengukir sejarah sebagai wanita kulit hitam pertama yang menjadi Wakil Presiden Amerika.

Rubrik:DUNIA

Komentar

Loading...