Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mendata, ada lebih dari 300 rumah yang mengalami kerusakan dengan berbagai tingkatan, akibat gempa berkekuatan magnitudo 6,1 mengguncang Malang dan sekitar Jawa Timur pada siang tadi. Data itu terakhir diterima BNPB pada pukul 20.00 WIB. "Data BNPB hari ini, pukul 20.00 WIB, lebih dari 300 rumah rusak dengan tingkatan berbeda, dari ringan hingga berat," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Raditya Jati melalui keterangan resminya, Sabtu (10/4/2021). "Catatan sementara, 13 unit rumah rusak namun belum ditentukan kategori tingkat kerusakan. Sedangkan sejumlah kerusakan fasilitas umum, antara lain sarana Pendidikan 11 unit, kantor pemerintah 7, sarana ibadah 6, RSUD 1 dan pondok pesantren 1," ungkapnya.

Kadis Perhubungan Tak Bisa Dikonfirmasi Soal KMP Aceh Hebat

Dishub AcehKapal Aceh Hebat 1
A A A

BANDA ACEH - Isu dugaan pembelian tiga unit Kapal Aceh Hebat oleh Pemerintah Aceh yang diduga barang bekas terus bersileweran di laman media sosial.

Apalagi setelah terjadi aksi unjuk rasa di depan Kantor Dinas Perhubungan Aceh tepatnya di Jalan Mayjend T Hamzah Bendahara No 52, Kuta Alam, Kecamatan Kuta Alam, Kota Banda Aceh beberapa waktu lalu.

Bermula dari itu, masyarakat di Aceh ingin mengetahui terkait informasi akurat mengenai pengadaan Kapal Aceh Hebat, 1, 2, dan 3 tersebut.

Sebab, sejauh ini Kadis Perhubungan Aceh Junaidi belum memberikan klarifikasi pasca ada pihak-pihak yang menuding pembelian KMP Aceh Hebat tersebut diduga barang bekas bahkan disinyalir terjadi mark up anggaran.

Saat aliansi Gerakan Aceh Hebat (GAH) melakukan aksi demonstrasi terkait pengadaan tiga kapal Aceh Hebat di depan kantor Dinas Perhubungan Aceh, pada Kamis, 25/2/2021) lalu, Junaidi juga tidak menyambut dan meberikan keterangan kepada massa pendemo.

Mereka hanya disambut oleh Kabid Pelayaran Dinas Perhubungan Aceh, Al Qadri. Ia berjanji akan menyampaikan persoalan ini kepada pimpinan (Kadis).

Sehingga, bukan hanya pendemo. Wartawan yang ingin mengkonfirmasi langsung kepada Kadis Perhubungan Aceh tidak bisa dilakukan.

Begitupun hingga Kamis (4/3/2021) hari ini, wartawan acehimage.com yang ingin melakukan konfirmasi langsung kepada Kadis Perhubungan Aceh belum bisa dilakukan.

Dihubungi ke kontak selular (Hp) yang dimiliki oleh tim redaksi acehimage.com pada nomor 08116863xx juga tidak terhubung.

Lantas bagaimana dengan tudingan adanya dugaan barang bekas dan disinyalir adanya dugaan mark up anggaran?. Tunggu kabar dari Junaidi.

Sementara informasi lain yang diperoleh acehimage.com, pada saat launching KMP Aceh Hebat 1 di Tanjung Balai Karimun pada Sabtu (3/10/2020) para rombongan pejabat dari Aceh termasuk wartawan tidak dibolehkan masuk ke dalam kapal. Ada Apa?

"Cuma kita lihat dari luar aja, cuma ditekan tombol besar sebagi bukti peluncuran ke laut. Lalu kami diajak ke tempat makan-makan dengan alasan kapal balik lagi," kata sumber media ini yang mengaku hadir pada saat itu.

Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...