Akademisi dan pengamat ekonomi dan politik pembangunan Universitas Muhammadiyah (Unmuha) Aceh Dr Taufiq Abdul Rahim menyatakan dirinya sependapat dengan Kaukus Peduli Aceh (KPA) yang secara tegas mendukung Kapolda Aceh untuk membongkar dan mengusut tuntas indikasi penyalahgunaan kewenangan dalam alokasi anggaran refokusing di Dinas Kelautan dan Perikanan Aceh (DKP).

Aksi Nyata!

Kader Adiwiyata SMAN1 Dewantara Peduli Lingkungan

SAID AQIL AL MUNAWARKader Adiwiyata Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Dewantara menyelenggarakan acara pembersihan pantai dan penanaman pohon
A A A

ACEH UTARA - Sebagai wujud kepedulian terhadap lingkungan, Kader Adiwiyata Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Dewantara menyelenggarakan acara pembersihan pantai dan penanaman pohon. Aksi cinta lingkungan tersebut dilaksanakan di Bangka Jaya Kecamatan Dewantara, Aceh Utara. Pukul 07:30 WIB hingga Siang, Minggu, (30/08/2020).

Acara tersebut diikuti oleh Kader Adiwiyata sebanyak 105 peserta siswa-siswi dan 76 dari tenaga guru dari SMAN 1 Dewantara. Kegiatan ini dalam rangka memperingati “Hari Konservasi Alam Nasional” dengan penanaman pohon di kawasan pantai, yakni Pohon Cemara laut, kelapa, waru, Ketapang kencana, sedangkan di kawasan sekolah, yaitu pohon tebe buya, bayu, jempa Aceh (Seulanga).

Kegiatan pembersihan yang dilakukan mulai para kader Adiwiyata tersebut dari memungut setiap sampah di bagian pesisir pantai, lalu dilanjutkan dengan proses penanaman pohon bersama seluruh anggota yang berpartisipasi.

“Aksi ini bertujuan untuk mewujudkan pantai bersih, rapi dan indah dalam menuju masyarakat new normal. Masyarakat juga harus menyadari betapa pentingnya kebersihan demi menghindari virus Covid-19,"ujar Mustafa MPd, Kepala Sekolah SMAN 1 Dewantara yang juga ikut serta berpatisipasi dalam event tersebut.

Ia menjelaskan, Kegiatan ini sekaligus melakukan penanaman Pohon sebanyak 500 batang yang telah disediakan, namun untuk hari ini secara simbolis penanaman telah dilakukan sebanyak 100 batang pohon.

Mustafa Menambahkan, acara peduli lingkungan ini akan dilakukan secara terus menerus dan bertahap, karena pantai Bangka Jaya sudah dipilih sebagai lahan konservasi oleh Kader Adiwiyata SMA Negeri 1 Dewantara.

“Kami pihak sekolah telah bekerja sama dengan MUSPIKA Dewantara dan didukung oleh Kwarran Dewantara, Saka Wira Kartika dan RAPI Lokal Dewantara. Hadirnya Duta Adiwiyata, Cabdin dan jajarannya serta Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Aceh Utara bertujuan agar acara berjalan dengan baik,”ujar Mustafa.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Syamsul Rizal Kasi Peningkatan Kapasitas dan Penataan Lingkungan Hidup di Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Aceh Utara dan Muspika Dewantara.

Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...