Koordinator Masyarakat Pengawal Otsus (MPO) Aceh, Syakya Meirizal, menjadi narasumber peHTem edisi Senin 20 September 2021 episode 9 Tahun ke II dengan tema: Aset Ratusan Milyar Terbengkalai di Pulo Aceh, Manajemen BPKS Kerja Apa? yang dipandu oleh host Indah Rastika Sari. Jangan lupa subsribe like share dan comment.

Peliputan Aceh Barat

Jurnalis Peduli Lingkungan Adakan Lomba Selfi Limbah Batubara

SITI AISYAHKetua panitia pelaksana, Azhar Sigege
A A A

ACEH BARAT - Jurnalis Peduli Lingkungan (JPL) wilayah peliputan Aceh Barat mengadakan lomba selfi limbah batubara yang selama ini mencemari pantai di tiga desa, yakni Desa Langung, Peunaga Rayek dan Peunaga Pasie, Kecamatan Meureubo, Kabupaten Aceh Barat.

Ketua Panitia Pelaksana, Azhar Sigege menyampaikan kegiatan lomba yang dilaksanakan tersebut sebagai bentuk kepedulian jurnalis Aceh Barat tentang lingkungan pantai yang tercemar karena limbah batubara dan belum dilakukan pembersihan secara maksimal.

"Sampai saat ini kita masih melihat limbah batu bara yang mencemari pantai dan belum ada pembersihan maksimal," ujar Azhar, 16 September 2019.

Menurutnya hal tersebut perlu dilakukan, mengingat perusahaan bersangkutan sama sekali tidak mengakui keberadaan ceceran batu bara, sehingga terkesan batu bara tersebut menjadi tak ada pemilik. Begitu juga pemerintah seharusnya segera menurunkan tim serta mencarikan solusi agar pencemaran pantai yang sudah merugikan banyak nelayan lokal itu dapat teratasi.

Melalui lomba ini, Jurnalis Peduli Lingkungan (JPL) Aceh Barat mengajak warga agar peduli terhadap pencemaran lingkungan yang terjadi selama ini, selain itu sebagai bentuk protes terhadap pemerintah yang tidak acuh terhadap limbah tersebut.

"Kita berharap setelah adanya kegiatan lomba foto ini tidak ada lagi masyarakat yang selfie dengan sampah termasuk sampah batu bara  yang mencemari pantai," harapnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, lomba selfi limbah batubara ini dibuka pendaftaran untuk masyarakat umum. Diharapkan setiap warga ikut berpartisipasi dalam lomba itu, dengan mengirimkan karya selfi terbaiknya di lokasi limbah batubara, batas waktu pengiriman photo karya hingga 19 September 2019.

"Karya photo yang di ambil harus di wilayah Aceh Barat periode Agustus sampai 19 September 2019, dan pemenangnya akan diumumkan pada tanggal 21 September dan hasil karya pemenang serta 10 nominator akan dipamerkan pada pameran photo jalanan," tambahnya.

Dengan mengadakan lomba photo penceraran limbah batubara, wartawan peduli lingkungan di aceh barat menilai sangat efektif, sehingga mereka mengajak animo masyarakat peduli kepada lingkungan.

Setiap peserta mengirimkan 3 photo karyanya ke Instagram peserta dengan menuliskan tagar yang tertera di brosur lomba. Adapun Tag tersebut antara lain lombalimbah, savelingkungan2019, pantaitercemarlimbah, limbahbatubara, pantaitercemar, selfilimbahbatubaraacehbarat2019.

"Ini terbuka untuk umum, cara pendafataran tinggal memfollow Instagram @lombalimbah. Peserta memposting photo pada akun instagram peserta dengan caption judul photo, lokasi photo dan mentagging akun istagram @lombalimbah serta memberi hashtag seperti yang tersebut diatas,"pungkasnya.

Pada lomba selfi batubara, panitia akan memilih tiga photo terbaik sebagai juara nantinya. Pemenang akan mendapatkan hadiah uang tunai dengan total hadiah 3 juta rupiah.

Editor:Ikhsan
Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...