Personel Satuan Reskrim Polres Aceh Timur menangkap pelaku diduga merampas telepon genggam seorang gadis di kabupaten itu serta memperkosanya. Kasubbag Humas AKP Muhammad Nawawi di Idi, Minggu, mengatakan tersangka berinisial SA (23) warga Tano Ano,[ Kecamatan Idi, Aceh Timur. Sedangkan korban berinisial LI (18), warga Kecamatan Darul Ihsan, Aceh Timur.

Jokowi-Ma’ruf Dilantik Jadi Presiden dan Wakil Presiden 2019-2024

Setneg.go.idJoko Widodo dan Ma'ruf Amin resmi dilantik sebagai presiden-wakil presiden periode 2019-2024
A A A

JAKARTA - Joko Widodo (Jokowi) dan  Ma'ruf Amin resmi dilantik sebagai presiden dan wakil presiden 2019-2024.

Pelantikan diselenggarakan oleh MPR pada Minggu (20/10/2019).
Perosesi pelantikan dimulai pada pukul 14.30 WIB. Acara  yang diawali dengan menyanyikan lagu 'Indonesia Raya' serta mengheningkan cipta.

Ketua MPR Bambang Soesatyo lalu membuka sidang paripurna, kemudian membacakan keputusan KPU.

Jokowi berdiri dari kursinya dan mengucapkan sumpah, begitu pula Ma'ruf Amin. Wapres 2014-2019, Jusuf Kalla, sejumlah perwakilan negara sahabat menyaksikan prosesi pengucapan pelantikan Jokowi dan Ma'ruf Amin. Selanjutanya Presiden  dan Wakil Presiden mengucapkan sumpahnya.

Isi sumpah Presiden: Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada nusa dan bangsa.

Isi sumpah Wakil Presiden : Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Wakil Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada nusa dan bangsa.

Dalam pidato perdananya di depan anggota MPR RI dan DPR RI, Presiden Jokowi menyampaikan bahwa salah satu prioritas utama pembangunan dalam 5 tahun ke depan adalah memangkas birokrasi.

Menurutnya dia bersama waliknya akan mengambil cara ekstrem, yaitu dengan menyederhanakan eselonisasi.

Menurutnya langkah menyederhanakan birokrasi penting mempercepat pelstanan.

"Penyederhanaan birokrasi harus terus dilakukan besar-besaran. Investasi untuk penciptaan lapangan kerja harus diprioritaskan," kata Jokowi.

Dia menegaskan birokrasi yang panjang harus dipangkas. Karena menurutnya, saat ini eselon kebanyakan.

"Eselonisasi harus disederhanakan. Eselon I, eselon II, eselon III, eselon IV, apa nggak kebanyakan?" tanya Jokowi.

Jokowi meminta eselonisasi disederhanakan. Hasilnya, nanti eselonisasi cuma dua level. Apa gantinya?

"Saya minta eselonnya disederhanakan menjadi dua level saja, diganti dengan jabatan fungsional yang menghargai keahlian, menghargai kompetensi," ujar nya.

Rubrik:NASIONAL

Komentar

Loading...