Mantan Ketua Umum Persiraja, Asri Sulaiman, menjadi narasumber peHTem edisi Senin 29 November 2021 episode 29 Tahun ke II dengan tema: Gagal Mentas Di PORA, Sepak Bola Banda Aceh Semakin Terpuruk, yang dipandu oleh host Indah Rastika Sari. Jangan lupa subsribe like share dan comment.

Sidang Pembacaan Tuntutan

JM Terdakwa Pembunahan Hanafiah Dituntut 17 Tahun Penjara

IstSidang pembacaan tuntutan terdakwa JM dan AB
A A A

BENER MERIAH -  Pengadilan Negeri (PN) Simpang Tiga Redelong, mengelar sidang pembacaan tuntutan perkara pembunuhan terhadap Hanafiah yang dilakukan oleh terdakwa JM, dan AB.

Sidang tersebut berlangsung di ruang sidang utama Pengedilan Negeri Simpang Tiga Redelong, Kabupaten Bener Meriah. Selasa, 26 Oktober 2021.

Kepala Kejaksaan Negeri ( Kajari ) Bener Meriah, Agus Suroto SH MH melalui Kasi Intelijen, Ully Fadli SH MH menyampaikan, untuk para terdakwa didakwa dengan pasal 340 Jo pasal 55 ayat (1) ke-1 KUH Pidana Subs pasal 338 Jo pasal 55 ayat (1) ke-1 KUH Pidana.

“Untuk terdakwa JM alias Udin Potong di tuntut penjara selama 17 tahun, sedangkan terdakwa AB alias Kanal di tuntut pidana selama 13 tahun,” kata Ully

Ully menuturkan, para terdakwa  melakukan pembunuhan terhadap Hanifiah  dengan cara terdakwa JM memukul kepala bagian kiri korban Hanafiah dengan satu buah batang kayu sebanyak satu kali yang mengakibatkan korban tersungkur.

Selanjutnya, terdakwa AB datang dan langsung memukul bagian tengkuk korban dengan mengunakan sebatang besi sebanyak dua kali. Setelah itu, AB menyerahkan besi tersebut kepada JM kemudian kembali memukul korban dengan besi tersebut beberapa kali pada bagian kepala belakang sampung hingga mengeluarkan darah.

“Untuk memastikan keadaan korban, JM memeriksa  korban dengan memeriksa denyut nadinya apakah korban telah meningal dunia. Lalu JM berkata kepada AB udah engak ada lagi (meninggal ) periksa terus sembari memastikan berapa uang yang ada pada korban,” ujar Ully

AB kemudian menggeledah pakaian yang dikenakan korban Hanafiah dan menemukan sejumlah uang serta satu unit Hp merk Samsung warna putih, lalu AB menyerahkan uang dan HP tersebut kepada JM.

Terdakwa JM emudian mengambil Lori sorong (gerobak pasir ) dari rumah kebun, JM lalu menghampiri terdakwa AB dan keduanya menaikan jasad korban keatas  lori sorong tersebut dengan kondisi kepala korban dibungkus mengunakan plastic mulsa dan membawanya menuju pinggir jurang di kebun tersebut.

“Terdakwa AB membuka pakain yang dikenakan oleh korban dan membuang jasad korban ke jurang dikebun daerah Tembolon,” papar Ully

Beberapa saat kemudian, kata Ully, terdakwa JM kembali menghampiri jasad korban, kemudian JM mengayunkan sebilah golok kearah korban Hanfiah beberapa kali agar jasad korban cepat rusak dan tidak dikenali.

Namun, sidang pembacaan tuntutan itu ditunda pada  hari Senin, 1 November 2021 mendatang dengan agenda Pledoi dari para terdakwa melalui Penasehat hukum. Tutup Ully. []

Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...