Aksi unjuk rasa yang yang dilakukan oleh Petani Kopi Menangis (PKM) di depan gedung DPRK Bener Meriah terjadi saling dorong dengan petugas keamanan. Satpol PP dan Personel Polres Bener Meriah menjadi benteng terdepan untuk menahan para pendomo untuk menerobos gedung DPRK Bener Meriah. Senin (19/10/2020)

Bupati Sarkawi:

Jika Papua Dimekarkan, Aceh Juga Wajib

SAMSUDDINBupati Bener Meriah Tgk H Sarkawi bersama Wakil Bupati Aceh Tengah Firdaus
A A A

BENER MERIAH – Setelah moratorium dicabut Presiden, Menkumham menyampaikan Papua akan dimekarkan menjadi 5 Provinsi, sehingga hal itu membuat semangat para pejuang tokoh pemekaran Provinsi ALA yang ada diwilayah tengah Aceh.

Bahkan empat pimpinan didaerah Dataran Tinggi Gayo (DTG) , yakni Pimpinan Kabupaten Bener Meriah, Aceh Tengah, Gayo Lues, dan Aceh Tenggara sudah melakukan pertemuan untuk membahas langkah strategi percepatan pemekaran Provinsi ALA.

Sementara usai mengikuti diskusi forum silaturahmi pejuang tokoh ALA di Kabupaten Bener Meriah, Rabu ( 23/9/2020 ) Bupati Bener Meriah kepada wartawan menegaskan, jika satu saja Papua memekarkan provinsi maka Aceh wajib mekar.

Dikatakan Sarkawi, saat ini adalah momentum yang tepat pemekaran ALA karena pemerintah Pusat telah mencabut moratorium. Jadi pemerintah provinsi harus mengeluarkan rekomendasi pemekaran itu.

Bersama Bupati yang ada diwilayah tengah Aceh, Sarkawi juga akan menyelusuri sejauh mana sudah perjuangan tokoh-tokoh terdahulu.

"Termasuk kami akan menelusuri draf Rancangan Peraturan Pemerintah Tahun 2016 tentang desain besar tentang daerah yang telah disetujui Komisi II DPR RI, itu sudah sejauh mana," tegas Sarkawi.

Saat disingung terkait diskusi yang digelar hari ini, Sarkawi menyampaikan, peserta diskusi hari ini adalah para pegiat, para pemuda dari empat Kabupaten di wilayah tengah Aceh mendiskusikan apa yang harus dilakukan untuk ALA itu sendiri.

Mareka, kata Sarkawi sudah menyampaikan ide-ide pemikiran yang intinya sangat semangat sekali pemekaran ALA.

"Tadi pagi perwakilan reje –reje Kampung di Bener Meriah sudah datang menyupainya di pendopo untuk menyatakan sikap bahwa intinya meraka akan bergerak secepat mungkin disetiap desa untuk menyampaikan pendapat kami diakar rumput bahwa mereka menginginkan ALA secepat mungkin,"tutur Sarkawi.

Sementara itu, Wakil Bupati Aceh Tengah Firdaus menyampaikan, tentunya secara semangat dan perjungan untuk pemekaran ALA ini juga harus mengelora di Kabupaten Aceh Tengah sampai ke lapisan masyarakat paling bawah.

“Aceh Tengah itu adalah merupakan Kabupaten induknya Bener Meriah artinya Aceh Tengah adalah abangnya Bener Meriah, masak kami harus kalah dengan adik tentu kami akan lebih menyemarakan semangat pemekaran ALA ini,"ujar Firdaus sambil tertawa kecil.

Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...