Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mendata, ada lebih dari 300 rumah yang mengalami kerusakan dengan berbagai tingkatan, akibat gempa berkekuatan magnitudo 6,1 mengguncang Malang dan sekitar Jawa Timur pada siang tadi. Data itu terakhir diterima BNPB pada pukul 20.00 WIB. "Data BNPB hari ini, pukul 20.00 WIB, lebih dari 300 rumah rusak dengan tingkatan berbeda, dari ringan hingga berat," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Raditya Jati melalui keterangan resminya, Sabtu (10/4/2021). "Catatan sementara, 13 unit rumah rusak namun belum ditentukan kategori tingkat kerusakan. Sedangkan sejumlah kerusakan fasilitas umum, antara lain sarana Pendidikan 11 unit, kantor pemerintah 7, sarana ibadah 6, RSUD 1 dan pondok pesantren 1," ungkapnya.

Jelang Ramadhan 1442 H, Kemenag Aceh Terbitkan Imsakiyah

FOTO | SITI AISYAHShalat Tarawih
A A A

BANDA ACEH - Menyambut bulan suci Ramadhan, Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh telah merilis imsakiyah Ramadhan 1442 H/2021 M untuk wilayah Aceh, Selasa, 9 Maret 2021.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh Dr H Iqbal mengatakan, imsakiyah tersebut disusun dan diterbitkan oleh Bidang Urusan Agama Islam Kanwil Kemenag Aceh dan telah ditashih oleh Badan Hisab Rukyat.

Iqbal menjelaskan, masyarakat yang membutuhkan imsakiyah ini dapat mengaksesnya di situs resmi Kemenag Aceh melalui http://aceh.kemenag.go.id.

"Kita harap dengan adanya imsakiyah ini dapat memudahkan masyarakat yang ingin mengetahui jadwal imsakiyah. Penyusunan imsakiyah ini dilakukan metode ilmiah yang dapat dipertanggung jawabkan keshahihannya," kata Iqbal.

Iqbal menuturkan, Kanwil Kemenag Aceh mengizinkan masyarakat untuk memperbanyak imsakiyah tersebut selama tidak mengubah subtansi dan tetap mencantumkan sumbernya.

"Kita juga akan kirim ke seluruh kabupaten/kota di Aceh. Silahkan diperbanyak, asalkan isinya jangan diubah serta tetap cantumkan sumbernya dari Kemenag Aceh," ujar Iqbal.

Ia mengatakan, meskipun sudah adanya imsakiyah, namun terkait awal Ramadhan, masyarakat diminta untuk menunggu sidang isbat yang akan diumumkan secara resmi oleh Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas pada Senin, 12 April mendatang.

Sementara itu, Ahli Falakiyah Kemenag Aceh Alfirdaus Putra, menjelaskan, berdasarkan konsep Imkanurrukyah (kemungkinan tinggi Hilal yang dapat dirukyah), awal  Ramadhan 1442 H diperkirakan jatuh pada Selasa, 13 April 2021.

"Hal ini berdasarkan Ijtima' awal Ramadhan 1442 H hari Senin, 12 April 2021 M pukul 09.13 WIB. Ketinggian hilal untuk Markaz Observatorium Tgk Chiek Kuta Karang Lhoknga Aceh Besar, pada 29 Sya'ban adalah 3,55 derjat di atas ufuk," ujar Firdaus.

Firdaus menjelaskan, pihaknya juga akan melakukan  rukyatul hilal awal Ramadhan 1442 H/2021 M pada Senin, 12 April 2021.

"Hasil pemantauan tersebut nantinya akan kita laporkan ke Kementerian Agama RI untuk menjadi bahan pertimbangan dalam sidang isbat awal Ramadhan yang dipimpin oleh Menag Yaqut Cholil Qoumas," katanya.

Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...