KTT ASEAN Batal

Istana Buka Suara Soal Pesawat Sewaan Jokowi

NETPresiden Jokowi
A A A

JAKARTA- Pihak Istana Kepresidenan menyatakan uang penyewaan pesawat tipe Boeing 777-300 ER milik Garuda Indonesia tak perlu dikembalikan menyusul keputusan Amerika Serikat menunda Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN-US di Las Vegas, Maret 2020.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan akan menghadiri KTT ASEAN-US itu dengan menggunakan pesawat sewaan dari Garuda Indonesia.

"Ini kan maskapai milik negara, Garuda. Jadi sebenarnya tidak ada yang harus dipikirkan mengenai soal uang sewa (untuk dikembalikan)," kata Tenaga Ahli Utama KSP Donny Gahral Adian saat dikonfirmasi CNNIndonesia.com, Sabtu (29/2).

Donny menyatakan kontrak penyewaan pesawat milik Garuda ini tetap berlaku. Menurutnya, pesawat tersebut nantinya bisa dipakai ketika sudah diputuskan waktu pengganti pelaksanaan KTT ASEAN-US.

"Tinggal tunggu waktu pelaksanaan saja. Jadi tidak dibatalkan, hanya ditunda karena mengingat situasi kesehatan global saat ini," ujarnya.

Donny mengatakan pemerintah menghormati keputusan AS untuk menunda pelaksanaan KTT ASEAN-US karena penyebaran virus corona. Ia menyebut tak perlu mempersoalkan penundaan kegiatan tersebut.

Sebelumnya, AS memutuskan menunda pelaksanaan KTT ASEAN-US yang digelar Maret 2020. KTT ASEAN-US adalah pertemuan antara pemimpin negara Asia Tenggara dan AS.

Presiden Jokowi adalah salah satu pemimpin negara yang rencananya hadir dalam acara tersebut. Pihak Istana pun sudah menyewa pesawat Garuda Indonesia untuk dipakai Jokowi ke KTT ASEAN-US.

Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan penyewaan pesawat tipe Boeing 777-300ER itu dilakukan untuk menghemat anggaran dan efisiensi waktu.

Pramono mengatakan pihaknya harus menyewa pesawat tipe itu lantaran Pesawat Kepresidenan Boeing Business Jet (BBJ) tipe 737-800 tak efisien jika digunakan untuk penerbangan jarak jauh.

Dengan menggunakan pesawat sewaan Garuda ini, perjalanan menuju Las Vegas, AS hanya ditempuh dengan waktu 14 jam. Selain itu, Jokowi dan rombongan juga hanya akan transit satu kali saja.

Sumber:CNN INDONESIA
Rubrik:NASIONAL

Komentar

Loading...