Direktur Dana dan Jasa Bank Aceh Syariah, Amal Hasan menjadi narasumber peHTem edisi Senin 10 Mei 2021 Episode 37 Tahun ke 2 dengan Tema: Sahuti Kebutuhan Masyarakat, Bank Aceh Luncurkan Kartu Debit yang dipandu oleh host Indah Rastika Sari. Jangan lupa subsribe like share dan comment.

Irwandi Sukses Budidaya Tanaman Tin di Kebun Mini

Tin atau Ara adalah sejenis tumbuhan penghasil buah-buahan yang dapat dimakan dan berasal dari Asia Barat.
A A A

ACEH SELATAN - Irwandi Kamaruzzaman (28) seorang pemuda dari Gampong Sawang, Aceh Selatan, sukses membudidayakan tanaman Tin berbagai varian di halaman rumahnya. Saat ini, sebanyak 13 jenis tanaman yang juga dikenal dengan sebutan Ara tersebut tumbuh subur di kebun mini miliknya.

“Saya memanfaatkan perkarangan rumah yang begitu sempit untuk membudidayakan tanaman yang berasal dari tanah Arab. Alhamdulillah, saya berhasil budidaya 13 jenis Tin," kata Irwandi via WhatsApp kepada media ini, Senin, 19 April 2021.

Dia menyebutkan, 13 jenis tanaman Ara tersebut adalah Matsui Dhaupine, Taiwan, Gorden Fig, Sultan, Green Yordan, Palestina, Purple Yordan, Brown Turky, Texas Ever Bearing, Iraqi, Conadria, Negron, Banane dan Lebanon.

Irwandi sengaja menanam Tin karena disebut dalam kitab suci Alquran. Tentang Tin bahkan memiliki surat khusus di dalam kitab suci umat Islam tersebut, yaitu At-Tin.

Selain itu, kata Irwandi, buah Tin memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. "Daun Tin bisa diolah, dijadikan teh, daun Tin untuk obat herbal," katanya.

Dia berharap masyarakat dapat memanfaatkan perkarangan rumahnya untuk menanam tanaman yang dapat dijadikan obat. Tanaman yang dimaksud Irwandi tak hanya Tin, tetapi juga Bidara yang menurutnya banyak manfaat untuk dikonsumsi.

Irwandi memulai kebun mini Tin sejak 18 April 2020 lalu. Modal awal yang dipergunakan adalah Rp100 ribu. Dia membeli bibit dengan cara memesan online dari Jawa.

Irwandi kemudian belajar secara otodidak di internet tentang cara memelihara tanaman Tin. "Alhamdulillah dengan izin Allah, saya sudah berhasil membudidayakan Tin. Tanaman ini sangat mudah perawatannya, cuma pakai pupuk kompos dan penyiraman. Untuk harga pasaran buah Tin sangat tinggi, mencapai 200-300 ribu per kilogram," pungkasnya.[]

Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...