Konselor Adiksi Yayasan Rumoh Geutanyoe Aceh, Firdaus, narasumber peHTem edisi Senin 26 Juli 2021 episode 59 dengan tema: Rehabilitasi Bagi Pecandu Narkoba, dipandu oleh host Indah Rastika Sari. Jangan lupa subsribe like share dan comment.

Inovasi SIGAP Kabupaten Bener Meriah Jadi Pilot Project Di Aceh

IstimewaDPMG Tinjau Kampung di Bener Meriah
A A A

BENER MERIAH – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong (DPMG) Provinsi Aceh, Azhari dan rombongan mengunjungi Kabupaten Bener Meriah guna untuk melihat secara langsung tentang penerapan Sistem Informasi Gampong (SIGAP) di 11 Kampung dan sekaligus melaunching Klinik Kampung Sarana Informasi Edukasi Pemerintah (SIEP) di Kecamatan Bukit.

Kedatangan Kepala Dinas DPMG Provinsi Aceh tersebut disambut langsung oleh Sekda Bener Meriah Drs Haili Yoga dan didampingi oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) Drs  Suarman  beserta para Kabid dan Camat Bukit Ismail, Senin, 28 Juni 2021 dirumah kerja Sekda Bener Meriah

Usai melakukan pertemuan tersebut, Kadis DPMG Aceh berasama rombonganya meninjau lokasi yang seperti Kampung Uning Teritit,Kampung Babussalam dan terakhir di Kantor Camat Kecamatan Bukit yang juga turut didampingi Sekda Bener Meriah.

Meliahat hal tersebut, Kepala Dinas PMG Provinsi Aceh Azhari, merasa puas dan bangga atas penerapan Sinstem Informasi Gampong (SIGAP) di Kabupaten Bener Meriah dan akan menjadikan SIGAP Kabupaten Bener Meriah sebagai Pilot Project untuk tingkat Provinsi Aceh.

“Saya berterima kasih dan sekaligus mengapresiasi penerapan SIGAP di Kabupaten Bener Meriah yang begitu sukses dalam penerapannya  dan akan menjadikan SIGAP Kabupaten Bener Meriah sebagai Pilot Project untuk tingkat Provinsi Aceh,” ungkap Azhari

Sementara itu, Sekda Bener Meriah menyampaikan, SIGAP ini, adalah suatu aplikasi yang dikembangkan oleh DPMG Provinsi Aceh yang bekerjasa dengan Diskominfo Aceh serta dukungan dari KOMPAK, inovasi ini juga menjadi bagain dari upaya pemerintah Aceh dalam membangun informasi yang konek.

“Ini upaya unttuk mengkoneksikan informasi terkait dengan Kependudukan, DTKS, Siskudes,Perencanaan Anggran dan Keuangan serta informasi penting lainya,” kata Haili Yoga.

Kabupaten Bener Meriah sendiri, ada 11 Kampung  yang menjadi contoh dari penerapan Aplikasi SIGAP ini yaitu, Uning Teritit, Babussalam, Batin Wih Pongas,  Ujung Gele, Pasar Simpang Tiga, Bale Redelong,  Blang Sentang, Rembele, Tingkem Bersatu,  Mupakat Jadi dan Delung Asli. Sebut Haili Yoga.

Launching Klinik Kampung Sarana Informasi Edukasi Pemerintah (SIEP), dan Klinik SIEP ini terbentuk atas dasar adanya berbagai masalah di kampung terkait beberapa aspek, sehingga Camat  khususnya Camat Bukit membuat inovasi Klinik Kampung  SIEP yang terdiri dari 6 Pokja yaitu.

Diantaranya,  Pokja Bidang Pengelolaan Keuangan Kampung, Pokja Bidang Kelembagaan Ekonomi Kampung, Pokja Bidang Pelaporan dan Pertanggung jawaban Keuangan Kampung, Pokja Bidang Peraturan  Kampung, Pokja Bidang Pengadaan Barang dan Jasa Kampung dan Pokja Bidang Perencanaan Pembangunan Kampung. Terang Haili Yoga.

“Sebelumnya kita berterima kasih kepada Kepala Dinas PMG Provinsi Aceh dan rombongan yang telah melakukan kunjungan kerja ke Bener Meriah dan melihat secara langsung tentang penerapan Sinstem Informasi Gampong (SIGAP) di Kabupaten Bener Meriah,” ucap Sekda Bener Meriah

Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...