Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Doni Monardo mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memberikan kewenangan kepada 14 kabupaten/kota di Aceh bersama 88 Kabupaten/Kota lainnya yang berstatus zona hijau atau belum terdampak Covid-19, untuk membolehkan masyarakat melaksanakan kegiatan yang produktif.

Bertugas di RS Darurat Covid 19 Wisma Atlit Jakarta

Ini Pesan Relawan Covid-19 Asal Tanah Gayo

ISTIMEWAHarmizan Hamd (Aman Arkan) menggunakan APD medis
A A A

BENER MERIAH - Harmizan Hamd (Aman Arkan), merupakan satu-satunya relawan dari Tanah Gayo yang bergabung dengan relawan gelombang 14 Kemenkes, menjadi relawan kesehatan di RS Darurat Covid-19 Wisma Atelit Jakarta.

Kepada acehimage.com Jumat (8/5/2020 ), Warga Bener Meriah ini menyampaikan, ia berangkat ke Jakarata menjadi relawan kesehatan di RS darurat Covid-19 Wisma Atelit Jakarta pada tanggal 18 April 2020 yang lalu yang bergabung dengan gelombang 14 relawan Kemenkes.

Dikatakannya, ia merupakan satu-satunya relawan dari Tanah Gayo yakni Bener Meriah, Aceh Tengah dan Gayo Leus yang berangkat menjadi relawan kesehatan untuk bertugas di RS darurat Wisma Atelit Jakarta.

Melalui media ini, Harmizan menyampaimpaikan sedikitnya 10 himbauan kepada masyarakat Gayo Khususnya dan Aceh
Umumnya untuk mencegah terjangkit dari Virus Corona.

Berikut 10 cara yang dapat dilakukan /himbauan masyarakat urangku (orangku ) di Bener Bener Meriah dan Aceh Tengah untuk mencegah terjangkit virus corona

1. Sering mencuci tangan, sering-seringlah mencuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir selama 20 detik. Apabila sabun dan air tidak tersedia, gunakan pembersih tangan atau hand sanitizer yang mengandung setidaknya 60 persen alkohol. Dianjurkan untuk menghindari menyentuh mata, hidung, dan mulut Anda dengan tangan yang belum dicuci.

2. Hindari kontak dekat, hindarilah kontak secara dekat dengan orang lain yang sedang sakit. Beri jarak antara diri anda dan orang lain jika virus corona telah menyebar di komunitas Anda. Ini sangat penting bagi orang-orang yang berisiko lebih tinggi untuk sakit parah.

3. Jaga jarak sosial, hal ini sebenarnya juga telah disuarakan oleh Pemerintah agar masyarakat jaga jarak fisik atau physical distancing. Dengan menerapkan physical distancing ketika beraktivitas di luar ruangan atau tempat umum, Anda sudah melakukan satu langkah mencegah terinfeksi virus Corona. Jaga jarak Anda dengan orang lain sekitar satu meter.

4.Gunakan masker jika sakit, anda harus mengenakan masker ketika berada di sekitar orang lain dan sebelum anda memasuki kantor penyedia layanan kesehatan. Jika Anda tidak dapat memakai masker (misalnya, karena menyebabkan kesulitan bernapas), maka Anda harus melakukan yang terbaik untuk menutupi saat batuk dan bersin Anda. Selain itu, jika Anda sedang dirawat, orang yang merawat Anda harus memakai masker jika mereka memasuki ruangan Anda.

5. Tetap tinggal di rumah, dengan tidak keluar rumah alias tetap berada di dalam rumah, akan meminimalisir Anda untuk terjangkit virus corona. Hal ini juga yang terus digalakkan oleh pemerintah agar penyebaran virus corona tidak meluas.
Sebagai pembawa mikroorganisme, anak muda sangat mungkin menularkannya pada orang tua atau manusia usia lanjut (manula). Untuk itu, diimbau agar tetap berada di dalam rumah hingga wabah Covid-19 menghilang dari Indonesia.

6. Hindari menyentuh mata, hidung dan mulut, tangan menyentuh banyak permukaan dan dapat mengandung banyak virus pula. Setelah terkontaminasi, tangan dapat memindahkan virus ke mata, hidung, atau mulut Anda. Dari sana, virus bisa masuk ke tubuh Anda dan bisa membuat Anda sakit.

7. Hindari kerumunan, Karena dalam kerumunan, sangat memungkinkan terjadinya penularan apabila ada salah satu orang yang terinfeksi virus. Tak hanya tempat umum, seperti tempat makan, gedung olah raga, tetapi tempat ibadah saat ini harus mengalami dampak tersebut. Tindakan tersebut adalah upaya untuk mencegah penyebaran virus corona. Untuk saat ini, dianjurkan lebih baik melakukan aktivitas di rumah agar pandemi virus corona cepat berlalu.

8. Tidak berjabat tangan, dengan tidak melakukan jabat tangan, akan menghindarkan terjadinya kontak kulit. Hal itu akan sedikit mampu mencegah penyebaran virus corona. Untuk saat ini menghindari kontak adalah cara terbaik. Tangan dan wajah bisa menjadi media penyebaran virus corona.

9. Selalu perbaharui informasi terkait Covid-19,Tetap ikuti informasi tentang perkembangan terbaru tentang Covid-19. Ikuti saran yang diberikan oleh penyedia layanan kesehatan Anda, otoritas kesehatan publik nasional dan lokal Anda tentang cara melindungi diri sendiri dan orang lain dari Covid-19. Otoritas nasional dan lokal akan memiliki informasi terbaru tentang apakah Covid-19 menyebar di daerah Anda.

10. Segera ke rumah sakit bila alami gejala Covid-19,Jika Anda mengalami demam, batuk dan kesulitan bernapas, cari bantuan medis.

“Yang paling saya tekankan di sini kepada masyarakat Gayo, jika keluar rumah wajib dan wajib memakai masker, hindari kerumunan. Virus ini tidak bisa di prediksi. Banyak orang tanpa gejala yang berkeliaran di luar sana dan bisa menularkan,” pungkas Harmizan Hamd.

Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...