Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mendata, ada lebih dari 300 rumah yang mengalami kerusakan dengan berbagai tingkatan, akibat gempa berkekuatan magnitudo 6,1 mengguncang Malang dan sekitar Jawa Timur pada siang tadi. Data itu terakhir diterima BNPB pada pukul 20.00 WIB. "Data BNPB hari ini, pukul 20.00 WIB, lebih dari 300 rumah rusak dengan tingkatan berbeda, dari ringan hingga berat," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Raditya Jati melalui keterangan resminya, Sabtu (10/4/2021). "Catatan sementara, 13 unit rumah rusak namun belum ditentukan kategori tingkat kerusakan. Sedangkan sejumlah kerusakan fasilitas umum, antara lain sarana Pendidikan 11 unit, kantor pemerintah 7, sarana ibadah 6, RSUD 1 dan pondok pesantren 1," ungkapnya.

Ini Pesan Gubernur Aceh Kepada Dailami

SAMSUDDINPelantikan Wakil Bupati Bener Meriah
A A A

BENER MERIAH– Secara resmi Gubernur Aceh, Ir Nova Iriansyah telah melantik Dailami sebagai wakil Bupati Bener Meriah mendampingi Bupati Bener Meriah Tgk H Sarkawi sisa jabatan 2017-2022.

Pelantikan dan pengambilan sumpah tersebut berlangsung di ruang sidang DPRK Kabupaten Bener Meriah, Jumat (12/3/2021).

Gubernur Aceh, Ir Nova Iriansyah menyampaikan, tugas wakil Bupati adalah membantu Bupati dalam penyelengaraan pemerintahan, pengkoordinasian kegiatan instansi pemerintahan dalam pelaksanaan syariat islam, penindaklanjutan laporan temuan hasil pengawasan aparatur pengawasan.

Selain itu, tugas wakil bupati yakni, pemberdayaan perempuan dan pemuda, pengupayaan pengemvangan kebudayaan, pelestarian lingkungan hidup, pemantauan dan evaluasi penyelengaraan pemerintah, kecamatan, mukin dan kampung.

Tugas selanjutnya, penanganan tugas dan wewenang bupati, dan pelaksanaan tugas dan kewajiban pemerintahan lainya yang diberikan oleh bupati.

Gubernur Aceh Nova Iriansyah

Untuk itu, kata Nova, dalam menjalankan tugas dan tangung jawab tentu bupati dan wakil bupati harus selalu menjalin kerjasama dan harmonis. Disamping itu tingkatkan komunikasi dan koordinasi dengan steakholder terkait dan yang terpenting dengan pihak legislatif.

“Bupati dan wakil bupati bener meriah diharapkan selalu fokus pada pembangunan daerah hingga akhir jabatan. Tingkatkan sinergisitas dalam rangka mendukung program-program pemerintah aceh yang telah tertuang dalam RPJM tahun 2017-2022,"harap Nova.

Dikatakan orang nomor satu di Provinsi Aceh itu, yang perlu diingat oleh Bupati dan wakil bupati dalam membangun Aceh masih sangat besar, lebih-lebih saat ini masih dalam masa pendemi Covid-19 yang sangat berpengaruh pada semua sektor usaha.

Terakit dengan pelantikan ini, tambahnya, proses pengangkatan wakil bupati telah telah melawati semua proses dengan baik tahap demi tahap, sehingga hari ini adalah yang yang telah ditetapkan untuk melantik Dailami sebagai wakil bupati mendampingi Bupati Sarkawi.

"Sebab, sebagai wakil bupati yang dilantik harus merujuk pada aturan yang tertuang dalam pasal 45 Undang-undang nomor 11 tahun 2006 tentang peemrintahan Aceh,"jelas Nova Iriansyah.

Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...