Zikrayanti, MLIS, PhD (Cand) menjadi narasumber peHTem edisi Kamis 23 September 2021 episode 10 Tahun ke II dengan tema: Terkait Vaksin Siswa, Wali Murid Minta Gubernur Pecat Kadisdik Aceh, yang dipandu oleh host Indah Rastika Sari. Jangan lupa subsribe like share dan comment.

Sidang KUA-PPAS P 2021

Ini Kata Andi Sastra Dalam Pandangan Umumnya

SamsuddinAndi Sastra
A A A

BENER MERIAH – Minimnya Pendapatan Asli Daerah (PAD ) kabupaten Bener Meriah mendapat sorotan dari anggota DPRK Bener Meriah. Sebab, untuk membanggun kekuatan ekonomi dan kemajuan pembanggunan insfrastruktur daera serta kemandirian Pemerintah daerah, sangat tergantung kepada kemampuan pemerintah daerah dalam mengelola dan mengali potensi PAD.

Hal itu disampaikan Andi Sastra anggota DPRK Bener Meriah lewat padangan umumnya, dalam rapat Paripurna DPRK Bener Meriah tentang rancangan Perubahan KUA-PPAS APBD  tahun 2021. Senin, 30 Agustus 2021 di ruang sidang DPRK setempat.

Menurut politisi Partai Hanura itu, bila dilihat PAD Kabupaten Bener Meriah masih sangat kecil bila dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Melihat dari anggran tahun 2019 hingga 2021 tidak ada potensi PAD yang meningkat secara signifikan.

“Justru itu, kami berharap kepada Pemda Bener Meriah melalui Plt Bupati Bener Meriah dapat memberikan penjelasan ataupun trik cerdas untuk meningkatkan PAD pada tahun-tahun mendatang. Khusunya untuk menopang pembangunan dan memperbaiki perekonomian masyarakat Kabupaten Bener Meriah.”pinta anggota DPRK Bener Meriah tiga priode itu

Ia juga meminta penjelasan Plt Bupati Bener Meriah terkait percepatan penangan COVID-19, apa saja yang telah dilakukan dalam menekan COVID-19 serta tindaklanjut pemberian bantuan terhadap masyarakat yang terdampak virus Corona.

Selain itu, Andi meminta Plt Bupati Bener Meriah untuk menegor SKPK agar mempercepat proses kegiatan di Dinas masing-masing. “Mengingat sudah akan memasuki bulan Septembet 2021, namun kami melihat penyerapan anggaran di dinas masih sangat rendah. Karena kita tidak ingin, program yang dilaksanakan tidak sesuai harapan.” Jelas Ketua Partai Hanura Bener Meriah itu

Dalam kesempatan itu, ia juga meminta Plt Bupati Bener Meriah untuk selalu memperhatikan kondisi ril dilapangan terkait peningkatan kualitas penyelengara pendidikan didaerah tersebut. Pasalnya, lanjut Andi mutu pendidikan kita masih sangat rendah bila dibandingkan dengan daerah lain dan ini harus kita tingkatkan dengan kebijakan-kebijakan yang terarah singga kedepan mutu pendidikan kita berkualitas dan berdaya saing. Harapnya

Begitu juga dengan program beasiswa terhadap anak berprestasi dan kurang mampu, pihaknya juga mengharapkan Pemkab setempat untuk memprogramkan anggran beasiswa untuk anak berprestasi dan kurang mampu untuk tahun anggran 2022 baik untuk strata pendidikan S1,S2 maupun S3 sesuai dengan amanat Undang-Undang.

“Program beasiswa ini sangat penting bagi anak kita yang berprestasi, oleh karena itu kita tidak boleh hanya terfokus pada pembangunan infrastruktur, namun pembangunan SDM juga sangat menting dalam menciptakan generasai yang cerdas.” Pungkas Andi

Sementara itu, anggota DPRK Bener Meriah lainya, Salwani dalam pandangan umumnya meminta Pemerintah daerah Kabupaten Bener Meriah menertibkan para pedagang yang mengunakan sebahagian badan jalan untuk tempat usahanya.

Politisi Partai PDIP itu juga meminta, Plt Bupati Bener Meriah memperhatikan dan mengaktipkan olahraga di daerah itu terutama olah raga sepak bola.

Menjawab pandangan umum angota DPRK Bener Meriah, Plt Bupati Bener Meriah, Dailami menyebutkan, bahwa Pemda Bener Meriah terus berupaya meningkatkan realisasi peningkatan PAD diantaranya melalui, pemanfaatan aset daerah dan telah melakukan proses hibah dari Pemerintah Provinsi Aceh kepada Pemerintah daerah Kabupaten Bener Meriah.

Selain itu, melalui pengefektipan pengawasan terhadap penerimaan PBB, restribusi daerah dan sumber-sumber PAD lainnya.

Sedangkan kebijakan untuk penangan COVID-19 dan bantuan kepada masyarakat, kata Dailami,  sesuai dengan intruksi Menteri dalam negeri nomor 37, Kabupaten Bener Meriah saat ini masuk dalam PPKM level 3, jadi kebijakan Pemkab Bener Meriah antaralain.

“Sosialisasi pemahaman masyarakat tentang COVID-19 agar masyarakat dapat beraktifitas dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Serta melakukan tracing dengan mengunakan swab antigen secara optimal.” Ungkap Dailami

Selain itu, pihaknya telah mengintruksikan seluruh Puskesmas untuk melakukan vaksinasi COVID-19. Untuk diketahui, jumlah masyarakat yang sudah divaksin mencapai 51.558 orang dari masyarakat wajib vaksin diperkirakan sejumlah 120.000 orang sehingga masyarakat yang telah divaksin mencapai 40 persen, hal ini menempatkan Kabupaten Bener Meriah sebagai Kabupaten dengan jumlah tertingi pelaksanaan vaksin di Aceh. Ujar Dailami

Terkait bantuan sosial terhadap masyarakat, Pemkab Bener Meriah telah menyalurkan bantuan langsung tunai kepada masyarakat kurang mampu disetiap kampung yang dialokasikan dari dana desa. Bantuan sembako bagi masyarakat kurang mampu, BST dari pemerintah pusat yang diusulkan oleh pemerintah daerah dan telah disalurkan melalui Dinas Sosial yang bekerjasama dengan PT Pos Indonesia.

“Juga pelaksanaan pasar murah disetiap kecamatan untuk membantu mengurangi beban masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan dasar, serta Pemkab Bener Meriah telah mengusulkan bantuan untuk UMKM yang terdampak dan saat ini dalam proses.” Terang Dailami

Sedangkan untuk penertiban badan jalan yang dimanfaatkan masyarakat untuk berusaha, Pemkab Bener Meriah telah melaksanakan sosialisasi dan telah melaksanakan penertiban.

Menyangkut pengaktifkan cabang olahraga, Pemkab juga telah mengusulakan beberapa kegiatan keolahragaan, akan tetapi, karena ini masih dalam pandemi COVID-19 kita menunda proses tersebut. Namun, setelah pendemi kita kan melanjutkan program tersebut.

“Nanti jika memungkinkan kita akan mengelar sepak bola Piala Bupati dan Ketua DPRK CUP Bener Meriah,” tutup Dailami []

Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...