Koordinator Masyarakat Pengawal Otsus (MPO) Aceh, Syakya Meirizal, menjadi narasumber peHTem edisi Senin 1 November 2021 episode 21 Tahun ke II dengan tema: KPK Kembali ke Aceh, Siapa Terjerat Korupsi? yang dipandu oleh host Indah Rastika Sari. Jangan lupa subsribe like share dan comment.

Resmi Dibuka Oleh Presiden RI

Ini Jadwal dan Link Live Streaming Pembukaan PON XX Papua

Kompas.comDua warga melintas di dekat pernak-pernik PON Papua di kawasan Pasar Lama Timika, Kabupaten Mimika, Papua, Selasa (28/9/2021). Berbagai pernak-pernik PON Papua terpasang di sejumlah titik di Timika untuk memeriahkan pagelaran olah raga nasional empat tahunan tersebut. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/tom. (ANTARA FOTO/ADITYA PRADANA PUTRA)
A A A

JAYAPURA - Opening ceremony atau upacara pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua akan digelar di Stadion Lukas Enembe, Jayapura.

Ratusan hingga ribuan atlet Tanah Air berbondong-bondong mengikuti ajang perlombaan yang diadakan setiap empat tahun sekali ini.

PON yang pertama kali digelar pada tahun 1969, sekarang sudah mencapai penyelenggaraannya yang ke-20.

PON XX Papua sebenarnya sudah digelar sejak beberapa hari lalu, dengan mempertandingkan berbagai cabang olahraga.

Diberitakan Kompas.com, Sabtu (2/10/2021), Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan untuk membuka perhelatan akbar olahraga nasional ini.

Pembukaan PON Papua akan digelar hari ini, Sabtu (2/10/2021) di Stadion Lukas Enembe, Papua mulai pukul 19.00 WIT atau 17.00 WIB.

Sederet artis dan musisi Indonesia pun akan mengisi acara opening ceremony ini.

Beberapa saluran televisi akan menayangkan secara langsung upcara pembukaan PON XX Papua.

Pembukaan PON Papua akan ditayangkan di TVRI, Kompas TV, iNews, Metro TV, GTV, MNC TV, MNC Vision, dan RCTI+. Kanal YouTube Sekretariat Presiden juga akan menayangkan secara langsung pembukaan PON XX Papua. Tayangan langsung akan dimulai pada pukul 17.00 WIB.

Berikut link live streaming pembukaan PON XX Papua:

https://www.youtube.com/watch?v=eXzZ8onnIcQ

Jelang pembukaan PON Papua, Tentara Nasional Indonesia (TNI) menegaskan jaminan keamanan dengan mengerahkan ribuan prajurit TNI.

Dibaritakan Antara, 26 September 2021, hal itu untuk mendukung Polri dalam mengamankan seluruh obyek vital serta acara pembukaan pesta olahraga multi cabang ini.

Terkait keamanan di Klaster Jayapura, pihak Komando Distrik Militer (Kodim) 1701 Jayapura menyebut, sedikitnya 1.500 personel gabungan TNI siap mengamankan penyelenggaraan PON Papua.

Pengamanan akan dilakukan baik sebelum, selama, maupun sesudah ajang olahraga tersebut berlangsung.

"Sebanyak 1.500 pasukan sudah menempati venue-venue, tempat akomodasi, dan objek vital yang tersebar di wilayah kabupaten dan kota di Jayapura. Kami pastikan hingga saat ini venue dalam keadaan aman," kata Pasi Intel Kodim 1701 Jayapura Mayor Inf Feisal.

TNI siap membantu

Ia menjelaskan, untuk pengamanan PON Papua secara menyeluruh sesuai undang-undang dan peraturan yang berlaku diberikan kepada Polri.

Namun jika kepolisan membutuhkan bantuan dari aparat TNI, pihaknya akan membantu. Dukungan juga dilakukan pihak BIN pusat maupun daerah.

"Kami pengaman obyek bukan pengamanan kegiatan, yang melakukan pengamanan adalah Polri tapi bila terjadi sesuatu Polri membutuhkan, maka kami akan bantu," kata Feisal.

Pengamanan semakin diperketat menjelang kedatangan Presiden RI Joko Widodo yang akan hadir dalam Opening Ceremony PON XX Papua 2021 pada 2 Oktober.

Satuan Kodam Cendrawasih serta Batalion Kostrad turut memperkuat lapis pengamanan saat Orang Nomor 1 Republik Indonesia hadir.

Menurut Feisal, pihaknya bersama PB PON juga sudah melakukan screening mulai dari perangkat pertandingan, relawan (volunteer) hingga para penari pada pembukaan PON Papua nanti.

Sumber:Kompas.com
Rubrik:SPORT

Komentar

Loading...