Mantan Sekretaris Wilayah Partai Perindo Aceh, H. Asrul Abbas, SE kembali menjadi narasumber peHTem edisi Senin, 3 April 2023 episode ke 65 Tahun ke 3 dengan tema: Benarkah Ketua dan Sekretaris Partai Perindo Aceh Ricuh? yang dipandu oleh host Siti Aminah, S.IP, M.MLS, Jangan lupa like share comment and subsribe.

Haili Yoga Ungkap Keinginan Kepala BKKBN Jadi Bapak Asuh Anak Stunting di Bener Meriah

IstPj Bupati Bener Meriah serahkan penghargaan kepada Ketua TP-PKK Bener Meriah
A A A

ACEHIMAGE.COM  – Upaya penanganan kasus stunting yang dilakukan Pemkab Bener Meriah bersama unsur forkopimda setempat menjadi perhatian sejumlah kalangan di Aceh maupun pusat.

Pj Bupati Bener Meriah, Drs Haili Yoga cukup konsen menekan angka stunting di daerah penghasil Kopi Arabika Gayo terbaik itu.

Mantan Kepala Dinas Pariwisata itu bahkan mencetuskan program Bapak Asuh Anak Stunting (BAAS), dimana setiap instansi wajib menjadi bapak asuh dan membina kampung  di Bener Meriah.

Inovasi yang digagas orang nomor di negeri diatas awan itu, disambut baik oleh unsur forkopimda yang telah memiliki desa binaan masing-masing menjadi bapak asuh.

Seperti, Kapolres Bener Meriah dan Polsek jajaran nya menjadi bapak asuh di Kampung binaan mereka, begitu juga dengan Kodim 0119 Bener Meriah dan Koramil binaan.

Tak mau kalah dengan instansi horizontal lainnya, Kejari Bener Meriah juga membina sejumlah Kampung dalam penanganan kasus stunting.

Dalam program BAAS itu, setiap bapak asuh wajib memberikan asuhan pemenuhan gizi yang disalurkan kepada warga yang tergolong stunting di Kampung binaan masing-masing, seperti memberikan bantuan makanan, uang minimal sebulan sekali.

Sejak program itu bergulir, kasus stunting di daerah itu dikabarkan menurun sangat signifikan. Sehingga, sejumlah Kabupaten/Kota di provinsi Aceh tertarik dengan mengundang Pj  Bupati Bener Meriah menjadi narasumber terkait penanganan stunting.

“Bahkan, kepala BKKBN Pusat berkeinginan besar menjadi Bapak Asuh Anak Stunting di Kabupaten Bener Meriah. Keinginan itu disampaikan Kepala BKKPN saat dikunjungi  Pj Bupati Bener Meriah bersama rombongan beberapa waktu lalu,”kata Pj Bupati Haili Yoga saat memimpin apel peringati Hari Kesehatan Nasional (HKN) tahun 2023 di lapangan Setdakab setempat, Senin (20/2).

Bukan hanya kepala BKKBN, ternyata, kata Haili Yoga hal senada juga diutarakan Direktur gizi dan KIA Kementerian Kesehatan RI. “Tentu, hal ini tidak terlepas dari keberhasilan kinerja kita bersama selama ini dalam memahami serta melakukan pencegahan stunting,”tukas Haili Yoga.

Tentunya kita berharap, tambah Haili, apa yang telah dicapai dapat dipertahankan bahkan kalau bisa lebih ditingkatkan lagi. Untuk itu, dibutuhkan kerjasama dan sama-sama bekerja dalam mensukseskan program pemerintah daerah.

Pada kesempatan apel yang diikuti para pimpinan OPD, aparatur sipil negara (ASN), para kepala Puskesmas, tim TP-PKK Kabupaten, DWP Bener Meriah, para Reje Kampung, Bidan desa, penyuluh KB Istri Reje Kampung, dan ketua TP-PKK Kampung Haili menekankan tiga poin yang harus dijalankan diantaranya, terkait stunting, inflasi, dan kemiskinan ekstrim.

Usai melaksanakan apel peringati HKN, Pj Bupati menyerahkan menyerahkan piagam penghargaan  dari PJ Ketua TP-PKK Aceh atas keberhasilan pelaksanaan vaksinasi sub pin Polio Aceh putaran pertama kepada Pemkab Bener Meriah melalui TP-PKK Bener Meriah.

Komentar

Loading...