Presiden Duta Central Revolusi Rakyat (DCRR), Sufaini Usman Syekhy (Tgk Syekhy) kembali menjadi narasumber peHTem edisi Senin, 5 Desember 2022 episode ke 31 Tahun ke 3 dengan tema: Mimpi Aceh Merdeka Mulai Dilupakan Petinggi GAM? yang dipandu oleh host Siti Aminah, S.IP, M.MLS, Jangan lupa like share comment and subsribe.

Haili Yoga Minta Para Eksportir Membuat SKA Kopi di Bener Meriah

IMG-20220925-WA0035
A A A

ACEHIMAGE.COM - PT Olam Indonesia menggelar farmer's day 2022 di Kabupaten Bener Meriah. Minggu 25 September 2022.

Acara tersebut disemarakan dengan memperlombakan beberapa pertandingan seperti voly, balap karung, makan kerupuk, dan tarik tambang yang diikuti para petani binaan PT Olam Indonesia itu.

Penjabat (Pj) Bupati Bener Meriah Drs Haili Yoga turut menghadiri acara tersebut didampingi Pj Ketua TP-PKK Bener Meriah Risnawati.

Dalam acara yang berlokasi di Kampung Makmur Sentosa Kecamatan Bandar tersebut, Pj Bupati Haili Yoga mengatakan Kabupaten Bener Meriah telah mempunyai Surat Keterangan Asal (SKA) Kopi yang telah terbit pada 17 Agustus 2022 lalu yang diterbitkan oleh Kementerian Perdagangan RI.

"Perlu kami sampaikan bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Bener Meriah telah menerima SKA Kopi dari Kementerian Perdagangan RI, yang sudah lama kita tunggu, mulai dari awal mekarnya Kabupaten Bener Meriah sampai dengan 17 Agustus lalu baru kita dapat" kata Haili Yoga

Disamping itu, ia berharap agar perusahaan lain juga bisa seperti PT Olam Indonesia yang berkomitmen akan menerbitkan SKA dari Pemerintah Kabupaten Bener Meriah dan memberikan label yang bertuliskan "GAYO" pada kapsul-kapsul atau produk kopi sebagai tanda produk tersebut merupakan komoditi yang berasal dari Kabupaten Bener Meriah pada Dokumen Kepabeanan BEA cukai Lhokseumawe saat proses ekspor kopi dilakukan.

" Kami harap terkait SKA Kopi, perusahaan lain juga seperti PT. Olam Indonesia yang berkomitmen akan menerbitkan SKA dari Bener Meriah, karena SKA Kopi merupakan hak paten yang dikeluarkan oleh Kementerian Perdagangan," tegasnya.

" Tentu dengan adanya SKA tersebut dapat menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD) Bener Meriah sendiri, dengan harapan nantinya akan ada Dana Insentif Daerah (DID) dari Pemerintah Pusat yang diberikan untuk Kabupaten Bener Meriah," tambahnya.

Selain itu ia juga menyampaikan dalam pembudidayaan tanaman kopi agar menggunakan pupuk organik, sehingga berdampak pada meningkatnya kuantitas dari pupuk tersebut, dan tidak lagi menggunakan pupuk non-organik.

"Kami juga mengajak agar para petani menggunakan pupuk organik dan lebih ditingkatkan lagi pupuk tersebut, karena hal ini akan berpengaruh pada kualitas dari pada rasa kopi yang dihasilkan" pungkas Yoga.

Acara tersebut turut dihadiri oleh Anggota DPRK Bener Meriah Zulham, Asisten Perekonomian dan Pembangunan drh Sofyan, Kadis Perdagangan Abdul Kadir, Kadis Perhubungan Abdul Gani, mewakili Kepala Bank Indonesia Lhokseumawe Rio Wardana, Perwakilan PT Perta Arun Gas Ibnu Abas, Branch Manager PT Olam Indonesia Jose Omar Heneo, Indra Perwiryanto, Program Manager Asia Nespresso Sarah, dan Reinhard dari Zurich.

Komentar

Loading...