Bantuan Jaring ikan bersumber APBK tahun anggaran 2020 senilai Rp 1,4 Miliar yang diserahkan untuk kelompok nelayan kakap putih Kecamatan Seuneddon Kabupaten Aceh Utara diduga bermasalah. Mencuatnya aroma bermasalah bantuan jaring ikan untuk para nelayan tersebut, berdasarkan informasi yang diterima media ini dari kalangan masyarakat. “Bantuan jaring ini sudah diserahkan kepada nelayan sebanyak 144 orang dari jumlah usulan 166 orang, karena dipangkas anggaran faktor pandemi, maka yang mendapat bantuan 144 orang. Berupa bantuan lima lembar jaring, 30 kg timah pemberat dan pelampung jaring,” jelasnya Kamis (21/01/2021).

Gubernur: Tidak Ada Kata Terlambat Untuk Kerja Relawan

HT ANWAR IBRAHIMGubernur Aceh Ir Nova Iriansyah MT saat diwawancara oleh wartawan
A A A

BANDA ACEH - Kegiatan pelatihan 1000 Relawan Penanganan COVID-19 yang dilaksanakan hari ini menjadi bagian dari peringatan Hari Relawan Sedunia di Aceh.

Sebagaimana di ketahui, tiga hari lalu tepatnya pada 5 Desember 2020, seluruh dunia baru saja memperingati Hari Relawan atau Volunteer Day International

"Sejak ditetapkan Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) pada 1985, Hari Relawan Sedunia selalu diperingati saban tahun dengan berbagai tema," kata Gubernur Aceh, Ir Nova Iriansyah MT.

Hal itu diungkapkan oleh Gubernur saat membuka Kegiatan Pelatihan Relawan Satuan Tugas Penanganan COVID-19, di Kyriad Muraya Hotel, Selasa (8/12/2020).

"Semangat berbuat tanpa pamrih, harus kita tunjukkan untuk sama-sama melawan Covid-19 yang masih melanda negeri kita," ujarnya.

Betapa setahun terakhir, pandemi begitu berbahaya dan merongrong setiap sendi kehidupan masyarakat. COVID-19 telah memaksa sejumlah aktivitas di berbagai sektor lumpuh.

Sekolah ditutup, kantor-kantor memberlakukan sistem shift, sebagian perusahaan tutup, ekonomi masyarakat terpuruk, dan sejumlah dampak lainnya muncul.

Pemerintah Pusat, dan Pemerintah Aceh khususnya kata Nova, terus melahirkan berbagai kebijakan untuk melawan COVID-19 sejak kasus pertama ditemukan pada awal Maret 2020.

"Nah, tentunya, dengan dukungan seluruh relawan dan masyarakat Aceh kita berupaya memerangi Covid-19 melalui perubahan perilaku masyarakat, diantara melalui kegiatan Gerakan Masker Aceh (GEMA), Gerakan Tenaga Kesehatan Cegah Covid (GENCAR)," tuturnya.

"Selain itu, yang baru saja berlangsung pada 2 Desember kemarin adalah Gerakan Masker Sekolah (GEMAS)," katanya.

Semua upaya dilakukan untuk membiasakan disiplin prokes

Menurut Gubernur Nova, semua upaya tersebut dilakukan untuk membiasakan masyarakat menerapkan protokol kesehatan pada setiap kesempatan, sehingga diharapkan dapat terhindar dari COVID-19.

Saat ini, kondisi perlahan membaik, ekonomi masyarakat mulai bangkit, pembangunan mulai digalakkan kembali.

"Ini adalah usaha bersama, yang disertai doa. Insya Allah, kita akan sanggup melewati ujian dari Allah," imbuhnya.

Dikatakan kerelawanan adalah bentuk perilaku sosial yang dilakukan atas dasar keikhlasan sendiri, yang membawa
manfaat bagi komunitas dan masyarakat secara keseluruhan, tanpa dorongan alasan materi.

Didepan Kasubbid Pelatihan Kerelawanan Satgas Covid-19 Prasetyo, Gubernur Aceh itu mengatakan, kerelawanan bukan hal baru di Aceh, perilaku ini telah mengakar sejak dahulu kala, bahkan menjadi sebuah kearifan lokal. Salah satunya dikenal dengan Meuseuraya atau Gotong-royong.

Kepedulian sosial masyarakat Aceh sangat tinggi, bahkan belum lekang di ingatan kita, bagaimana peristiwa Tsunami 26 Desember 2004 silam meluluh- lantakkan Aceh.

Di hari-hari pertama, bencana ini memicu seluruh warga Aceh di wilayah tak terdampak, bergerak membantu mereka yang menjadi korban.

Sampai selanjutnya, seluruh relawan di Indonesia dan dunia bergerak membantu rehabilitasi dan rekontruksi Aceh.

"Kita masih ingat Palang Merah Indonesia (PMI) secara khusus mengambil tanggal 26 Desember sebagai Hari Relawan PMI, yang ditetapkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono setahun setelah tsunami Aceh.

"Mari kita jadikan semangat peringatan Hari Relawan Sedunia untuk mengambil peran lebih dalam melawan wabah ini," tutur Nova

“Kegiatan Pelatihan Relawan Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Aceh’ saya nyatakan dibuka secara resmi," ujarnya.

Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...