Wakil Ketua DPR Aceh, Safaruddin, S.Sos, MSP, menjadi narasumber peHTem edisi Kamis 30 September 2021 episode 12 Tahun ke II dengan tema: Pantaskah Alhudri Ultimatum Kepala Sekolah? yang dipandu oleh host Indah Rastika Sari. Jangan lupa subsribe like share dan comment.

Program Merdeka Ekspor

Gubernur Aceh Lepas Kopi Arabika Senilai Rp2,6 Milyar

SamsuddinIr Nova Iriansyah lepas dua kontener kopi arabika ke Amerika
A A A

BENER MERIAH – Gubernur Aceh  Nova Iriansyah, didampingi Plt Bupati Bener Meriah Dailami, Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar Danrem 011 Lilawangsa melepas dua kontener kopi yang di ekspor ke USA. Sabtu, 14 Agustus 2021 dari Gudang Koperasi Permata Gayo.

Sebelum dilepas, Gubernur Aceh bersama Plt Bupati Bener Meriah, Bupati Aceh Tengah sejumlah Kepala Dinas jajaran Provinsi Aceh dan Kabupaten Bener Meriah mengikuti zoom meeting dengan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo dalam rangka Merdeka Ekspor.

Sebagai mana diketahui, tahap pertama Gubernur Aceh juga telah melepas kopi progam Merdeka Ekspor di Kabupaten Aceh Tengah. Merdeka ekspor adalah merupakan salah satu upaya pemerintah Indonesia dalam meningkatkan perekonomian negara di masa pandemi COVID-19.

Bersamaan dengan itu, secara serentak hari ini dilakukan ekspor komoditi pertanian dari 17 pintu ekspor melalui bandara udara, pelabuhan di beberapa wilayah di Indonesia.

Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh, Ir Cut Huzaimah kepada wartawan mengatakan, Ekspor merdeka tersebut berawal dari Presiden RI memerintahkan Menteri pertanian melaksanakan ekspor merdeka dalam rangka peringatan 17 Agustus, juga karena komoditi perkebunan yang terbanyak menghasilkan devisa negara melalui ekspor.

“Sehingga memotivasi ekspor ini berjalan tiga kali setahun dilakukan ekspor merdeka di tahun 2021, kemudian kita dimintakan seluruh gubernur untuk bervartisiapasi danm juga bupati/wali kota melakukan ekspor dalam wilayah masing-,masing secara serentak hari ini 14 Agustus 2021,” kata Cut Huzaimah.

Menurut Huzaimah, Presidin Joko Widodo sendiri saat ini berada di Jawa Timur bersama Menteri pertanian sedangkan kita berada di daerah masing-masing.

“Ada 17 pelabuhan yang dilepas, tapi karena kita belum punya pelabuhan yang aktif jadi kita bergabung dengan pelabuhan Belawan,” terang Huzaimah.

Katanya lagi, hari ini yang di ekspor adalah komoditi kopi arabika tujuannya ke Amerika sebanyak dua kontener punya Koperasi Permata Gayo dan Koperasi Kopi Wanita Gayo (Kokowagayo . Dan sebenarnya ada satu lagi komoditi yakni pinang dilangsa yang diekspor melalui pelabuhan Kualalangsa tapi ternyata Thailand  masih lockdown sehingga tidak jadi hari ini kemungkinan kita lakukan pada kesempatan lainnya.

“Untuk kopi yang diekspor hari ini bernilai lebih kurang 2,6 Miliar,” pungkas Kadis Pertanian Aceh itu. []

Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...