Ketua Lembaga Pemantau Pendidikan Aceh (LP2A), Dr. Samsuardi, MA, menjadi narasumber peHTem edisi Senin, 3 Oktober 2022 episode ke 13 Tahun ke 3 dengan tema: Benarkah di Bawah Tangan Alhudri Pendidikan Aceh Terpuruk? yang dipandu oleh host Siti Aminah, S.IP, M.MLS, Jangan lupa like share comment and subsribe.

Lanud MUS Sabang

Gelar Upacara HUT TNI AU ke 72

FOTO | JALALUDDIN ZKY.
A A A

SABANG - Landasan Udara M aimun Saleh (Lanud MUS) Sabang, gelar upacara Hari Ulang Tahun Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (HUT TNI-AU) ke 72 Senin (29/7) di Lanud MUS Sabang.

Segenap personel Lanud MUS dan Satrad 233 Sabang, militer dan Aparatur Sipil Negara mengikuti upacara peringatan Hari Bhakti TNI AU ke-72 yang berlangsung di lapangan upacara Lanud MUS.

Upacara tersebut Komandan Lanud MUS Letkol Pnb Yudha Irawan menjadi inspektur dan selaku komandan pacara dipercaya kepada Kapten Sus Teuku Maulana.

Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Yuyu Sutisna SE MM, dalam sambutannya yang dibacakan Danlanud MUS Sabang Letkol Pnb Yudha Irawan menyampaikan bahwa "Pahlawan Udara Menjadi Tonggak Sejarah, Bakti Generasi Penerus Membangun Kejayaan Angkatan Udara” Tema ini sengaja dipilih, agar peristiwa heroic yang diperingati setiap tanggal 29 Juli, tidak sekedar menjadi nostalgia sejarah semata.

Akan tetapi terus menjadi kompas moral bagi generasi penerus untuk memberikan pengabdian yang terbaik kepada TNI-AU. Sejarah Hari Bhakti juga merupakan jawaban paling fundamental dan rasional ketika bangsa Indonesia bertanya kenapa harus susah payah untuk membangun kejayaan TNI Angkatan Udara, kata Kasau.

Kasau melanjutkan, generasi TNI-AU yang beruntung, karena negara sedang aman, sejahtera, dan tidak berhadapan dengan agresi militer negara lain. Maka, spirit Hari Bhakti TNI-AU harus di manifestasikan dalam proses pembangunan postur kekuatan dan kemampuan TNI-AU yang professional dan modern.

Kita tidak boleh lengah dan abai, karena tugas TNI-AU tidak semakin ringan, karena kita harus berhadapan dengan kemajuan tekhnologi di era Revolusi Industri 4.0 yang dipenuhi system siber-fisik da ancaman hibrida yang siap menghancurkan bangsa Indonesia dengan berbagai cara.

Untuk menhadapi situasi tersebut, maka pembangunan kualitas SDM harus menjadi prioritas utama. Momen Hari Bhakti TNI Angkatan Udara Tahun 2019 adalah saat tepat untuk membangun komitmen, bahwa TNI Angkatan Udara mampu mencetak kader-kader prajurit yang berkarakter sama hebatnya dengan para actor sejarah Hari Bhakti TNI Angkatan Udara, tegasnya.

Kasau menjelsskan dirinya berkeingin memotivasi seluruh prajurit TNI Angkatan Udara. “Ingat dan resapi roh pengabdian para prajurit udara yang berjuang dan gugur di hari yang suci ini. Bangun prestasi dan karakter kejuangan kalian sejak dini.

Maka, banggalah karena berprestasi dan hebat bukan karena hal-hal lainnya. Kalian hebat bukan Karena pangkat atau harta, tapi karena apa yang ada dalam isi kepala dan hati kalian. Bangunlah mimpi dan visi tentang Angkatan Udara kita tercinta ini, dengan sehebat-hebatnya, dari kecerdasan isi kepala dan kesucian hati kalian. Hari suci ini adalah cetak biru moralitas kepemimpinan ideal Angkatan Udara, yang telah mengalir dari tetes darah para pahlawan.

"Kalau mau berusaha, nama kalian bisa seharum nama para pahlawan. Apakah perjalanan sejarah kalian nantinya akan terukir dengan tinta emas, biru atau merah. Itu juga terserah apa pilihan kalian. Namun ingatlah, prajurit biasa aka bekerja biasa. Prajurit baik akan bekerja baik. Prajurit hebat tidak hanya bekerja hebat, namun mampu menginspirasi prajurit lain untuk menjadi yang terhebat dari siapapun,” jelas Kasau.

Usai pelaksanaan Upacara, kemudian Letkol Pnb Yudha Irawan, memberikan penghargaan kepada 3 anak dari anggota Lanud MUS yang berprestasi membanggakan dalam mengikuti turnamen sepak bola U-14 piala kemenpora yang tergabung dari tim SSB Tunas Garuda binaan Lanud MUS yang menjuarai turnamen tersebut dan berhak mewakili Aceh ke level nasional.

Selain itu juga pemberian tali asih kepada anak-anak anggota TNI-AU yang sudah meninggal dunia dilanjut pemberian tali asih secara simbolis ke para purnawirawan dan warakawuri. Pada peringatan Hari Bhakti TNI AU ke-72 ini, Lanud MUS telah menggelar beberapa kegiatan seperti Bakti Kesehatan yang terdiri dari Donor Darah serta Karya Bakti dengan melakukan pembersihan dan pengecatan di lingkungan pondok pesantren Al-Mujadid serta Ziarah di makam Sersan Udara Maimun Saleh dan pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Bhakti TNI AU Ke-72 sebagai puncaknya.

Turut Hadir dalam kegiatan ini, Dansatrad 233 Mayor Lek Firmansyah, Ketua Pia Cabang 16/D I Ny Trisa Yudha Irawan beserta pengurus Ketua IKKT Pragati Wira Anggini Ranting 003 Satrad 233 Sabang, Ny Ellysa Firmansyah beserta pengurus, para purnawirawan dan warakawuri TNI-AU yang di Sabang.

Wartawan:Jalaluddin Zky
Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...