Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mendata, ada lebih dari 300 rumah yang mengalami kerusakan dengan berbagai tingkatan, akibat gempa berkekuatan magnitudo 6,1 mengguncang Malang dan sekitar Jawa Timur pada siang tadi. Data itu terakhir diterima BNPB pada pukul 20.00 WIB. "Data BNPB hari ini, pukul 20.00 WIB, lebih dari 300 rumah rusak dengan tingkatan berbeda, dari ringan hingga berat," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Raditya Jati melalui keterangan resminya, Sabtu (10/4/2021). "Catatan sementara, 13 unit rumah rusak namun belum ditentukan kategori tingkat kerusakan. Sedangkan sejumlah kerusakan fasilitas umum, antara lain sarana Pendidikan 11 unit, kantor pemerintah 7, sarana ibadah 6, RSUD 1 dan pondok pesantren 1," ungkapnya.

F-18 Hornet Asing Lintasi ZEE Indonesia

F-18 Hornet
A A A

JAKARTA - TNI Angkatan Udara (AU) mengonfirmasi adanya pesawat tempur asing jenis F-18 Hornet yang melintasi Perairan Natuna, Kepulauan Riau, pada Selasa (6/4) lalu. Meski tidak memasuki wilayah teritorial Republik Indonesia (RI), pesawat yang masih belum diketahui asalnya tersebut melintasi zona ekonomi eksklusif (ZEE) Indonesia.

"Di Perairan Natuna telah melintas pesawat tempur asing diperkirakan jenis F-18 Hornet," ungkap Kepala Dinas Penerangan TNI AU, Marsma Indan Gilang, saat dikonfirmasi, Rabu (7/4).

Indan menerangkan, pesawat asing itu juga sempat terbang di atas floating, production, storage and offloading (FPSO) vessel Kakap Natuna yang dioperasikan oleh perusahaan minyak Indonesia. Pesawat itu melintas di wilayah ZEE Indonesia sekitar 169 mile di sebelah Barat Kepulauan Natuna.

"Atas kejadian tersebut, disampaikan bahwa pesawat melintas di luar wilayah teritorial Republik Indonesia. Dan saat ini, TNI AU sedang mendalami kejadian tersebut dengan pihak terkait," ungkap dia.[]

Sumber:Republika
Rubrik:NASIONAL

Komentar

Loading...