Direktur Utama PDAM Tirta Daroy Kota Banda Aceh, HT. Novizal Aiyub, SE. Ak, kembali menjadi narasumber peHTem edisi Senin 26 September 2022 episode ke 11 Tahun ke 3 dengan tema: Peran PDAM Tirta Daroy Dalam Melayani Pelanggan dan Menjaga Kualitas Air yang dipandu oleh host Siti Aminah, S.IP, M.MLS, Jangan lupa like share comment and subsribe.

Enam Cara Mencegah Hepatitis pada Anak

IstimewaIlustrasi
A A A

ACEHIMAGE.COM - Sebanyak tiga orang anak Indonesia meninggal diduga akibat penyakit hepatitis misterius atau hepatitis akut yang belum diketahui penyebabnya. Berikut cara mencegah hepatitis pada anak.

Kecurigaan ini muncul sebab sejak 15 April 2022 lalu, dunia dikejutkan dengan penyebaran kasus hepatitis akut di sejumlah negara.

Melihat hal ini, orang tua tentu perlu waspada dan mencegah hepatitis menular pada anak. Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) melalui Instagram-nya mengimbau agar masyarakat tetap tenang dan berhati-hati.

Berikut cara mencegah hepatitis pada anak dan diharapkan mampu menjauhkan anak dari infeksi hepatitis misterius.

1. Mencuci tangan
Sejak pandemi Covid-19, mencuci tangan jadi salah satu protokol kesehatan yang wajib diaplikasikan selain mengenakan masker dan menjaga jarak. Kebiasaan baik ini sebaiknya dilanjutkan demi mencegah penularan kuman atau virus penyebab hepatitis.

Tanpa disadari, tangan adalah 'sarana transportasi' berbagai kuman penyakit. Lewat tangan, kuman bisa berpindah ke mata, hidung, mulut.

2. Minum air bersih dan matang
Air bisa tercemar kuman penyebab penyakit termasuk hepatitis. Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), umumnya virus penyebab hepatitis E ditemukan pada air yang terkontaminasi.

IDAI pun menyarankan agar air yang dikonsumsi dalam kondisi bersih dan matang. Matang di sini berarti air sudah dimasak hingga mendidih sehingga kuman dalam air mati. Air pun aman dikonsumsi.

3. Konsumsi makanan yang bersih dan matang penuh
Virus penyebab hepatitis bisa menular lewat konsumsi makanan yang tercemar virus. Mengutip laman resmi WHO, virus hepatitis A kebanyakan ditularkan lewat mulut.

Orang yang mengonsumsi makanan atau minuman yang sudah terkontaminasi feses dari orang yang terinfeksi akan tertular hepatitis. Kadang tak hanya makanannya yang membawa virus tetapi makan dalam kondisi tangan kotor.

Selain mencuci tangan sebelum makan, pastikan makanan dalam kondisi bersih dan matang sebelum dikonsumsi.

4. Membuang tinja atau popok sekali pakai pada tempatnya
Tinja atau popok sekali pakai wajib dibuang pada tempatnya. Langkah ini demi menjaga agar lingkungan tidak tercemar feses dan urine. Beberapa virus penyebab hepatitis menular lewat kontak dengan feses dan urine orang yang terinfeksi.

5. Menggunakan alat makan sendiri-sendiri
Sebagai cara mencegah hepatitis pada anak, sebaiknya alat makan anak dipisah dari orang dewasa di sekitarnya.

Virus penyebab hepatitis bisa menular lewat mulut di mana orang yang terinfeksi lupa mencuci tangan setelah dari toilet lalu makan dengan alat makan orang lain.

6. Memakai masker dan menjaga jarak
Para ahli sempat curiga hepatitis akut ini berkaitan dengan Covid-19. Meski ini belum sepenuhnya terbukti, tetapi IDAI tetap mendorong orang tua agar tetap memperketat pelaksanaan protokol kesehatan.

Anak-anak perlu diingatkan untuk mengenakan masker dan menjaga jarak.[]

Komentar

Loading...