Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Jumat (26/2) malam. Nurdin sendiri tercatat memiliki harta kekayaan sebesar Rp51,3 miliar. Dikutip dari laman Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), kekayaan tersebut dilaporkan Nurdin pada 31 Desember 2019 saat menjabat sebagai gubernur. "Benar, Jumat, (26/2) tengah malam, KPK melakukan tangkap tangan terhadap kepala daerah di Sulawesi Selatan terkait dugaan tindak pidana korupsi," kata Plt. Juru Bicara Penindakan KPK, Ali Fikri, Sabtu (27/2).

Ekspor Kopi Gayo Sangat Tertekan Sepanjang 2020

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Aceh Ir Mohd Tanwier MM
A A A

BANDA ACEH - Aktivitas ekspor kopi gayo ke pasar luar negeri sangat menurun selama pandemi COVID-19 menyerang berbagai belahan dunia.

Dengan terjadinya pandemi COVID-19 menyerang berbagai belahan dunia membuat seluruh sendi-sendi perekonomian terpuruk sepanjang tahun 2020.

Itu pula yang membuat para petani kopi di dataran tinggi gayo 'lesu' dengan menurunya harga kopi yang mereka produksi di tanah gayo.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Aceh Ir Mohd Tanwier MM menyampaikan penyebabnya dikarenakan negara-negara tujuan ekspor juga dilanda pandemi COVID-19.

Kata Baong--begitu Kadis ini akrab disapa menyebutkan tujuan utama ekspor kopi gayo adalah Amerika dan Uni Erpoa.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Aceh Ir Mohd Tanwier MM

"Hari ini semua negara melaksanakan lockdown, dan hal ini sangat berpengaruh dari sejumlah komoditi yang ada, adalah kopi gayo,"kata Baong yang turut didampingi oleh Kabid Perdagangan Luar Negeri, T Satria Wira kepada acehimage.com, Kamis (14/1/2021).

Pria yang pernah menjabat sebagai Pj Bupati Aceh Tengah ini turut menjelaskan, kenapa kopi gayo yang menjadi masalah terbesar.

Menurutnya, karena 95 persen hasil kopi gayo itu diekspor keluar wilayah Indonesia. Dengan destinasi tujuan adalah Amerika dan Uni Eropa.

"Sebagaimana kita ketahui pada pandemi COVID-19 ini, yang jadi masalah terbesar hari ini adalah Amerika dan Uni Eropa terhadap permintaan pasar mereka,"katanya.

Disamping itu, ia menyampaikan menyangkut dengan harga kopi yang menentukan adalah pasar internasional.

"Sama seperti harga emas yang menentukan pasar internasional, yang perlu kita jaga adalah stock dan keberlangsungannya. Ini cuma pandemi aja,"katanya.

Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...