Aliansi Mahasiswa Aceh (AMA) kembali medesak Plt Gubernur untuk mempublikasikan penggunaan anggaran hasil refocusing maupun BTT dalam APBA 2020. AMA mengaku tidak berhenti menyuarakan hal tersebut sebelum tuntuntan mareka terpenuhi. Aliansi Mahasiswa Aceh memandang ada hal urgensi saat ini yang harus diprioritaskan oleh Pemerintah Aceh selama masa Pandemi COVID -19, seperti sektor kesehatan, pendidikan maupun sektor ekonomi.

Dua Sektor Ini Jadi Prioritas Pemerintah Aceh Timur

ISTIMEWABupati Aceh Timur H Hasballah HM Thaib (Rocky) didampingi Sekda Aceh Timur H. M. Ikhsan Ahyat, memimpin Rapat Koordinasi Pembangunan Ekonomi Berkelanjutan di Komplek Pusat Perkantoran Pemkab Aceh Timur di Idi, Selasa (1/9/2020).
A A A

ACEH TIMUR- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Timur berkewajiban merencanakan dan mengontrol kondisi makro ekonomi berdasarkan kondisi objektif. Tujuannya adalah agar seluruh sektor ekonomi diharapkan dapat berkembang dan mendorong sektor ekonomi lainnya.

"Nah, dalam perencanaan pembangunan harus mempertahankan sektor unggulan, seperti perikanan, pertanian dan perkebunan, sehingga diharapkan perekonomian daerah dapat terus dikembangkan," sebut Bupati Aceh Timur, H Hasballah HM Thaib, Selasa (1/9/2020).

Berdasarkan data yang ada di Badan Perencanaan, Pembangunan Daerah (Bapppeda) Kabupaten Aceh Timur, Rocky menyebutkan bahwa daerahnya memiliki sejumlah subsektor dibidang pertanian, tanaman pangan, perkebunan rakyat, sayuran dan buah-buahan, budidaya perikanan, dan penangkapan ikan yan saban hari dilakukan para nelayan.

"Oleh karenanya, potensi ini harus dipacu terus dan didorong, sehingga ekonomi rakyat berkembang sesuai dengan Visi dan Misi Bupati/Wakil Bupati Aceh Timur," sebutnya.

Disisi lain, Bupati Aceh Timur juga meminta pimpinan OPD terkait agar memanfaatkan kekuatan penyuluh di kecamatan untuk turun ke desa-desa, sehingga petani dan pekebun dalam mengembangkan sektor pertanian dan tanaman pangan lebih sukses.

"Perlu pembinaan dan pendampingan serta sosialisasi ke petani, sehingga hasil lebih maksimal," tutup Rocky.

Hadir antara lain Sekda Aceh Timur H M Ikhsan Ahyat, Asisten Pemerintahan Setdakab Aceh Timur Syahrizal Fauzi, Kepala Dinas Perikanan Teuku Syawaluddin, Kepala Dinas Petenakan dan Perkebunan Aceh Timur Lukman, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Aceh Timur Muhammad Mahdi, Kepala Dinas Perdagangan, UKM dan Koperasi Aceh Timur Iskandar, Kepala Dinas Pertanahan HB. Bandy Harfirdaus, dan sejumlah pimpinan OPD lainnya, termasuk pihak BPS.

Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...