Direksi, Komisaris Utama dan Karyawan/i PT. Atra Media Transformasi Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H, Taqabbalallahuninna wa Minkum, Mohon Ma'af Lahir dan Bathin ----- Bupati Bener Meriah Tgk H Sarkawi manyampaikan pengunduran dirinya secara lisan dihadapan jama'ah shalat Idul Fitri 1441 Hijriah di Lapangan Babusalam simpang tiga, Minggu (24/5/2020) ----- Kepolisian Daerah (Polda) Aceh memeriksa dua orang oknum polisi berinisial R dan E yang terlibat dalam penganiayaan terhadap pria yang diduga mengalami gangguan jiwa. Kabid Humas Polda Aceh, Kombes Pol Ery Apriyono menjelaskan kedua polisi berpangkat brigadir itu merupakan anggota Polsek Nurussalam.

DPRK Bener Meriah Sidak Agen LPG 3 Kg

SAMSUDINPangkalan gas LPG 3 Kg
A A A

BENER MERIAH – Berdasarkan pengakuan warga yang kesulitan mendapatkan elpiji 3 Kg di pangkalan, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Bener Meriah berinisiatif melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke salah satu Agen resmi LPG 3 Kg bersubsidi di seputaran Simpang Tiga Redelong Kecamatan Bukit, Selasa (31/3/2020).

Anggota DPRK Bener Meriah yang terdiri dari, Abubakar, Salwani, Baitul Hakim, Yuzmuha, Zulham mendatangi Agen PT Zulkarnain Jamil untuk meminta penyejalasan terkait kelangkaan dah tingginya harga eceran elpiji 3 kg yang dibeli masyarakat dari kios-kios kelontong.

Menurut pengakuan Sahrun Kepala gudang PT Zulkarnain Jamil kepada anggota DPRK yang mendatanginya, pihaknya tidak pernah menjual elpiji 3 kg diatas harga eceran tertingi (HET) kepada pangakalan yang bekerja sama dengan mereka.

“HET kita 17,500 yang kita jual kepada pangkalan, berdasarkan ketentuan kita juga menyampaikan kepada para pangakalan agar menjual kepada masyarakat jangan sampai menjual diatas harga 22.000 pertabung untuk elpiji 3 kg," urainya kepada Anggota DPRK.

Sahrun menuturkan, adapun pangkalan yang bekerjasama dengan PT Zulkarnain Jamil berjumlah 65 pangkalan yang tersebar di 9 Kecamatan di Kabupaten Bener Meriah.

Ia menegaskan elpiji 3 kg tidak langka, karena perbulannya dia mendistribusikan sebanyak 47600 tabung kepada 65 pangkalan. Terkait harga yang beredar sampai Rp 35.000, Sahrun menegaskan pihaknya tidak bisa mengenterpensi harga sampai ke pengecer di kios kelontong, karena wewenang pengawasan mereka hanya sampai pada pangkalan saja.

Sahrun juga menuturkan, secara aturan tidak diperbolehkan kios menjual gas elpiji 3 kg bersubsidi karena dikhawatirkan harga akan dijual kemasyarakat melampui harga yang ditetapkan.

Dari hasil sidak yang dilakukannya, anggota DPRK Bener Meriah itu meminta aparat penegak hukum dan Disperindag Bener Meriah menindak tegas pangkalan “nakal”, terkait harga elpiji bersubsidi 3 Kg yang diperuntukkan untuk masyarakat miskin dijual dengan harga Rp 35.000 per tabung.

Hal itu lantaran harga eceran tertinggi (HET) yang ditetapkan oleh pemerintah Rp 18.000 per tabung, namun masih ada oknum “nakal” menjual Rp 35.000 pertabung kepada masyarakat.

Yuzmuha anggota DPRK, menyampaikan dari hasil sidak terungkap bahwasanya pihak Agen mengaku tidak menjual harga elpiji 3 Kg diatas harga enceran tertinggi (HET).

“Harga elpiji 3 kg masih normal, kita menduga ada pihak-pihak yang mengambil keuntungan berdasarkan keluhan dari masyarakat selama ini,” ujar Yuzmuha.

Hendaknya, ditengah keterpurukan perekonomian masyarakat sekarang ini akibat anjoknya palawija yang merupakan sumber pendapat masyaratakat petani, malah mereka dihadapkan dengan oknum “nakal “ menjual elpiji 3 kg diatas harga yang tidak normal.

Untuk itu Yusmuha meminta kepada pihak terkait, mulai besok harga elpiji 3 Kg di Kabupaten Bener Meriah harus dipastikan normal tidak boleh lagi ada oknum-oknum yang bermain sehingga merugikan masyarakat.

Sebelumnya, salah satu warga Kampung Tingkem, Radiah (35) mengaku kesulitan untuk mendapatkan elpiji 3 Kg di Pangkalan. “Setiap saya membeli kepangkalan selalu saja habis, sehingga mau tidak mau saya harus membeli kepada kios pengecer dengan harga yang mencapai Rp 35.000 pertabung,“keluh Radiah.

Radiah berharap, pemerintah daerah melalui instansi terkait segera mengatasi kelangkaan elpiji 3 Kg yang selama ini sulit diperoleh.

"Kami berharap pangkalan menyediakan elpiji 3 Kg dengan harga yang telah ditentukan,” pintanya.

Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...