Ketua Lembaga Pemantau Pendidikan Aceh (LP2A), Dr. Samsuardi, MA, menjadi narasumber peHTem edisi Senin, 3 Oktober 2022 episode ke 13 Tahun ke 3 dengan tema: Benarkah di Bawah Tangan Alhudri Pendidikan Aceh Terpuruk? yang dipandu oleh host Siti Aminah, S.IP, M.MLS, Jangan lupa like share comment and subsribe.

Bahas Modernisasi Parlemen

DPR Terima Kunjungan Anggota Kongres AS

FOTO | Nur Azizah detikcomDPR menerima kunjungan kehormatan dari anggota Kongres AS yang menjadi bagian House Democratic Partnership.
A A A

JAKARTA - DPR RI menerima kunjungan kehormatan dari anggota Kongres Amerika Serikat yang menjadi bagian House Democratic Partnership. Kunjungan itu dipimpin anggota tertua Kongres, David Price.

Pertemuan dilakukan di ruang kerja Ketua DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (31/7/2019). Para delegasi disambut langsung oleh Ketua DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet). Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah ikut dalam pertemuan.

Fahri mengatakan para anggota Kongres memberi perhatian khusus kepada dinamika demokrasi di Indonesia. Fahri juga menjelaskan soal kemiripan sistem demokrasi di Indonesia dan Amerika.

"Meskipun Amerika itu negara federal, kita negara kesatuan, tapi sistemnya kan presidensil. Nah, kita ini partainya lebih banyak, mereka cuma dua partai, sehingga kita bisa bilang mengelola politik di Indonesia ini kadang-kadang bisa dibilang lebih rumit dari mengelola politik di Amerika Serikat. Apalagi kalau di Amerika Serikat politik kan lebih banyak mengelola pikiran, di Indonesia kadang-kadang mengelola perasaan juga. Nah, itulah bedanya," ujar Fahri.

Fahri menyebut sudah ada kerja sama kelembagaan antara Indonesia dan Amerika dan sudah sampai pada tingkat staf Sekretariat Jenderal dan para peneliti. Fahri menjelaskan ada asistensi rutin yang dilakukan dalam kerja sama tersebut.

"Jadi ini dalam rangka proyek modernisasi parlemen kita. House Democratic Parliament ini juga termasuk lembaga yang membantu modernisasi parlemen di seluruh dunia," ungkapnya.

Para anggota Kongres AS pimpinan David Price ini juga akan membahas isu-isu teknis dengan Komisi I dan Komisi II, besok. Pertemuan itu akan difasilitasi oleh Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR.

"Dan saya kira besok mereka akan berbicara lebih khusus tentang beberapa isu teknis dengan Komisi I dan Komisi II, difasilitasi oleh Badan Kerja Sama Antar Parlemen kita," ucap Fahri.

Sumber:Detik.com
Rubrik:NASIONAL

Komentar

Loading...