Dr. Zainuddin, SE, M.Si, Pakar Ekonomi dan juga Dekan Fakultas Ekonomi USM, narasumber peHTem edisi Kamis 17 Juni 2021 episode 48 dengan tema: Setelah Pedagang Dipaksa Hengkang, Tepatkah Pasar Penayong Jadi Wisata Kuliner? dipandu oleh host Indah Rastika Sari. Jangan lupa subsribe like share dan comment.

DP3AKB Aceh Selatan Gelar Deklarasi dan Sosialisasi Kota Layak Anak

Deklarasi dan sosialisasi kota layak anak Kabupaten Aceh Selatan
A A A

ACEH SELATAN - Bupati Aceh Selatan Tgk  Amran membuka Deklarasi dan Sosialisasi kota layak anak Kabupaten Aceh Selatan yang bertempat di Aula Bappeda, pada Selasa 8 Juni 2021.

Kegiatan tersebut turut hadir Ketua TP PKK Kailida SPd I, Plt Sekda Ir H Said Azhar, Asisten Pemerintahan dan Kesra Erwiandi, S Sos MSi,  Kepala Bidang Pemenuhan Hak Anak DP3AKB  Provinsi Aceh, Amrina Habibi, dan Kepala DP3AKB Kabupaten Aceh Selatan, Yulmainar SE.

Dalam Kesempatan tersebut, Bupati Aceh Selatan Tgk. Amran mengatakan, bahwa Anak merupakan potensi yang sangat penting, generasi penerus masa depan bangsa, penentu kualitas sumber daya manusia (SDM) Indonesia yang akan menjadi pilar utama pembangunan nasional, sehingga perlu ditingkatkan kualitasnya dan mendapatkan perlindungan secara sungguh-sungguh

"SDM yang berkualitas tidak dapat lahir secara alamiah, bila anak dibiarkan tumbuh dan berkembang tanpa perlindungan,  maka mereka akan menjadi beban pembangunan karena akan menjadi generasi yang lemah, tidak produktif dan tidak kreatif," Kata Bupati

Lanjutnya, proses tumbuh kembang anak memiliki kebutuhan yang arus dipenuhi agar dapat tumbuh dan berkembang secara optimal, baik kebutuhan fisik, kebutuhan sosial dan psikologi serta lingkungan yang mendukung berkembangnya semua potensi yang dimilikinya.

"Sesuai Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 yang telah diperbaharui dengan undang-undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak, tanggungjawab perlindungan anak diberikan kepada negara, pemerintah, pemerintah daerah, masyarakat, keluarga dan orang tua," Tegasnya.

Lanjutnya, Untuk itu Kebijakan kabupaten atau kota layak anak adalah sistem pembangunan suatu wilayah administrasi yang mengintegrasikan komitmen dan sumberdaya pemerintah dan dunia usaha dalam rangka memenuhi hak-hak anak yang terencana,menyeluruh dan berkelanjutan.

Dengan lahirnya kebijakan kota layak anak diharapkan dapat menciptakan keluarga yang sayang anak, gampong layak anak, kecamatan dan kabupaten layak anak sebagai pra syarat untuk memastikan bahwa anak tumbuh dan berkembang dengan baik, terlindungi hak nya, dan terpenuhi kebutuhan pisik dan psikis nya. Sambung

"Kita berharap supaya program kabupaten/kota layak ini khususnya di Kabupaten Aceh Selatan merupakan tugas  berat yang harus kita dukung dan kita upayakan bersama-sama, dan kepada DP3AKB selaku koordinator agar dapat melakukan koordinasi dengan semaksimal mungkin baik dengan dinas instansi terkait termasuk dinas instansi vertikal, dengan masyarakat dan dengan pihak dunia usaha, karena tiga elemen ini  merupakan penentu keberhasilan program ini, pemerintah tidak akan berhasil secara maksimal tanpa dukungan masyarakat dan dunia usaha.[]

Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...