Warga Kota Banda Aceh, Yulindawati, kembali menjadi narasumber peHTem edisi Kamis 7 Juli 2022 episode ke 92 Tahun ke II dengan tema: DPRK Banda Aceh Terima LPJ Walikota, Pansus Utang Bubar?, yang dipandu oleh host Siti Aminah, Jangan lupa like share comment and subsribe.

Presiden Kolombia

Divonis Kurungan dan Denda Gara-gara Taman Nasional

AFPPengadilan Tinggi Ibague memutuskan denda dan hukuman kurungan rumah lima hari terhadap Presiden Kolombia Ivan Duque.
A A A

ACEHIMAGE.COM - Pengadilan Tinggi Ibague memutuskan denda dan hukuman kurungan rumah lima hari terhadap Presiden Kolombia Ivan Duque.

Duque dianggap gagal mematuhi putusan Mahkamah Agung (MA) yang menuntut Duque melindungi sebuah taman nasional.

Diberitakan Reuters, Minggu (5/6) waktu Indonesia, Duque dinyatakan menghina pengadilan karena gagal mengupayakan perlindungan terhadap Taman Nasional Los Nevados seperti yang diperintahkan MA Kolombia pada 2020.

Pengadilan juga menjatuhkan denda kepada sang Presiden sekitar US$4.000 dan memerintahkan Presiden membentuk unit khusus polisi atau anggota militer guna membantu melakukan konservasi di taman nasional tersebut.

Meski begitu, para ahli menilai perintah pengadilan di Ibague yang merupakan Ibu Kota Provinsi Tolima, itu tak mungkin dilaksanakan.

Sebab, Presiden Kolombia hanya dapat didakwa dan diselidiki oleh komisi legislatif khusus dan hanya dapat diadili oleh kongres negara tersebut.

Merespons hal ini, Presiden bersikeras bahwa pihaknya telah melindungi taman alam Kolombia dan mematuhi perintah pengadilan untuk melestarikan Taman Nasional Los Nevados. Ia menyebut keputusan pengadilan tinggi itu tidak konstitusional.

"Kami telah melihat keputusan awal yang tidak dapat dijelaskan," kata Duque dalam sebuah video yang dibagikan di media sosial.

Menteri Kehakiman Wilson Ruiz juga mengungkapkan bahwa bukti yang menunjukkan kepatuhan Duque terhadap perintah MA telah dikirim ke pengadilan tinggi Ibague. Namun, bukti tersebut diabaikan pengadilan.[]

Sumber:cnnindonesia.com
Rubrik:DUNIA

Komentar

Loading...