Ketua Komisi V DPRA, M. Rizal Falevi Kirani, kembali menjadi narasumber peHTem edisi Kamis, 6 Oktober 2022 episode ke 14 Tahun ke 3 dengan tema: Peran Anggota DPRA dalam Memperjuangkan JKA yang dipandu oleh host Siti Aminah, S.IP, M.MLS, Jangan lupa like share comment and subsribe.

Distanbun dan Dinas Pangan Aceh Siap Bantu Bener Meriah Mewujudkan Kampung Wisata Kopi dan Durian

IstPj Bupati Bener Meriah didampingi sejumlah Kepala SKPK Bener Meriah, Saat Temui Kepala Dinas Pertanian Aceh dan jajarannya di Kantor DIsbuntan Aceh
A A A

ACEHIMAGE.COM – Pemerintah daerah Kabupaten Bener Meriah yang terus berupaya mewujudkan Kabupaten penghasil kopi arabika itu sebagai  daerah tujuan wisata.

Berbagai langkah dalam mewujudkan hal tersebut pun telah diupayakan, mulai dari pembangunan sejumlah objek wisata, penataan tempat-tempat yang berpotensi menjadi wisata dengan melibatkan Pokdarwis, serta upaya lainnya.

Untuk saat ini, Pemkab Bener Meriah memimpikan Bener Meriah menjadi daerah maju dengan memanfaatkan kopi dan pariwisatanya menjadi daya tarik wisatawan berkunjung ke Bener meriah.

“Dalam mewujudkan mimpi Bener Meriah menjadi Kabupaten yang maju dengan Kopi dan Pariwisata yang diramu menjadi desa wisata harus dengan sinergitas bersama,”

Hal tersebut disampaikan Penjabat (Pj ) Bupati Bener Meriah, Drs Haili Yoga, M.Si kepada Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh saat berkunjung ke kantor Distanbun Aceh, Kamis, 11 Agustus 2022.

Haili Yoga menyebutkan, sebelumnya pihaknya telah merencanakan membentuk tim kerja, terkait untuk membuat regulasi tentang rencana pengembangan desa wisata dan pemetaan kawasan komoditas unggulan di Kabupaten Bener Meriah.

“Kita tinggal menunggu Pergub Aceh tentang Niaga, menyesuaikan dengan Pergub tersebut sehingga nantinya kita juga akan mengeluarkan perbup tentang pembagian kawasan tersebut,” jelas Haili Yoga.

Menanggapi apa yang disampaikan Pj  Bupati Bener meriah, Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh Ir. Cut Huzaimah, MP mengatakan, pihaknya siap membantu mewujudkan harapan Pj Bupati Bener Meriah untuk memajukan daerahnya itu.

“Kami beserta jajaran dengan tulus ikhlas akan bersedia membantu membangun sektor pertanian, perkebunan dan agrowisata Bener Meriah, dan kami berharap adanya pemetaan lokasi potensi pengembangan desa wisata yaitu Kampung Kopi Gayo dan Kampung Durian, jika itu terbentuk kami akan sangat bersedia turut menjadikan program tersebut dengan berbagai kegiatan,”ungkap Cut Huzaimah.

Ia menambahkan, disamping itu kami juga akan membantu mewujudkan program peremajaan dan pemangkasan kopi, serta berharap Bener Meriah juga dapat mengembangkan budidaya tembakau.

Tentu jika Kabupaten Bener Meriah berhasil menjadi daerah tujuan agrowisata, ada kebangaan tersendiri bagi kami. Tukasnya

Di sisi lain, Kepala Dinas Pangan Aceh melalui KLabid pangan, Mega menyampaikan bahwa, Dinas Pangan Aceh akan terus membantu Kabupaten  Bener Meriah melalui program Pertanian Keluarga.

“Pak Kadis berpesan akan terus membantu Kabupaten Bener Meriah dengan program berkelanjutan yang telah terlaksana sejak tahun 2020 di beberapa kecamatan di Bener Meriah dan terus berlanjut sampai tahun ini,”ujarnya.

“Tahun ini dan kedepannya berharap dapat fokus pada penguatan kelompok tani, karena sebanyak apapun bantuan yang kita berikan apabila mereka tidak siap secara keahlian maka hanya akan bermanfaat sesaat saja” ucap Mega.

Komentar

Loading...