Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mendata, ada lebih dari 300 rumah yang mengalami kerusakan dengan berbagai tingkatan, akibat gempa berkekuatan magnitudo 6,1 mengguncang Malang dan sekitar Jawa Timur pada siang tadi. Data itu terakhir diterima BNPB pada pukul 20.00 WIB. "Data BNPB hari ini, pukul 20.00 WIB, lebih dari 300 rumah rusak dengan tingkatan berbeda, dari ringan hingga berat," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Raditya Jati melalui keterangan resminya, Sabtu (10/4/2021). "Catatan sementara, 13 unit rumah rusak namun belum ditentukan kategori tingkat kerusakan. Sedangkan sejumlah kerusakan fasilitas umum, antara lain sarana Pendidikan 11 unit, kantor pemerintah 7, sarana ibadah 6, RSUD 1 dan pondok pesantren 1," ungkapnya.

Diskominsa Aceh bersama PWI Gelar Uji Kompetensi Wartawan di Kota Langsa

ISTIMEWAPembukaan UKW
A A A

KOTA LANGSA - Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Aceh Marwan Nusuf membuka acara Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Aceh Angkatan ke 12-13 dengan tema Meningkatkan Kompetensi dan Profesional Wartawan di Hotel Harmoni, Senin (29/3/2021).

Dalam sambutannya Marwan mengatakan dimasa sekarang ini, sangat sulit untuk dapat menyelenggarakan kegiatan seperti ini, dan dapat saya sampaikan bahwa peserta UKW semua merupakan orang yang beruntung dapat mengikuti UKW pada saat ini, karena masih banyak teman-teman wartawan yang ingin ikut kegiatan ini tapi belum mempunyai kesempatan.

Uji Kompetensi menjadi bagian dari kewajiban setiap wartawan, yang semestinya harus dilakukan secara berjenjang. Wartawan juga diharapkan dapat menyampaikan informasi secara fakta, harus benar, mendidik dan juga menghibur.

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian (Kadiskominsa) Aceh Marwan Nusuf

Seiring perkembangan zaman wartawan harus terus mengasah kemampuan dan meningkatkan wawasannya, sehingga dapat berkarya secara profesional dan beretika.

Saya percaya pada kemampuan wartawan Aceh saat ini sudah sangat baik, dan bila lulus Uji Kompetensi Wartawan ini, maka saya akan bertambah yakin karena sudah semakin kompeten dan teruji.

Dengan kapasitas dan Kompetensi yang dimiliki membuat berita yang ada menjadi lebih berbobot.

Adapun jumlah peserta yg mengikuti UKW kali ini sebanyak 42 orang peserta yang terbagi dalam tiga kategori, yakni Kelompok Utama 6 orang, Madya 12 orang dan Muda 24 orang.

Selama ini Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Aceh selalu mendorong dan bekerja sama dengan media. Dukungan atas terselenggaranya UKW ini merupakan bukti peduli pada peningkatan kapasitas dan kompetensi para wartawan.

Wakil Walikota Langsa Marzuki Hamid dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada Diskominsa Aceh dan PWI Aceh serta Anggota DPR Aceh Jauhari Amin atas dukungan program kegiatan UKW yang mengangkat tema “Meningkatkan Kompetensi dan Profesional Wartawan” dapat terselenggara di Kota Langsa, "ini merupakan penghargaan kepada Kota Langsa dan bisa menjadi kontribusi bantuan untuk kota Langsa", sebutnya.

Menurutnya, UKW ini sangat penting, karena kualitas dan profesional seorang wartawan sangat ditentukan, wartawan yang sudah lulus UKW itu sangat berbeda dan akan ketahuan ketika menulis berita, oleh karena itu kegiatan ini sangat bagus dan sangat berkontribusi untuk kemajuan dan pembangunan Kota Langsa sekaligus meminta dukungan kepada wartawan untuk mempromosikan Kota Langsa sebagai kota wisata pesona lintas timur Aceh.

"wartawan adalah agen-agen pembangunan, dulu kehadiran wartawan tidak bisa dipisahkan dengan perjuangan kemerdekaan dimana suara-suara wartawan ikut mengalahkan penjajah untuk kemerdekaan", ucapnya.

Ia menambahkan, tantangan kita sekarang adalah penyelenggaran pemerintahan yang baik, bersih kemudian pelaksanaan pembangunan dan pembinaan masyarakat, tentu wartawan sangat terlibat didalamnya sebagai pejuangnya terhadap kelancaran pemerintah yang baik dimasa yang akan datang.

Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...