Israel melancarkan gempuran udara ke sejumlah sasaran militer di Jalur Gaza pada Jumat (16/4) sebagai balasan atas serangan roket yang diduga diluncurkan Hamas. Pasukan Pertahanan Israel (IDF) menyatakan bahwa sejumlah jet tempur dan helikopter serang "menghantam lokasi pembuatan senjata, terowongan penyelundupan senjata, dan pos militer Hamas." "Kami tidak akan membiarkan setiap ancaman terhadap warga sipil Israel," demikian pernyataan IDF seperti dikutip AFP.

Disdukcapil Serahkan 88 KIA Kepada Sekolah yang Sudah PKS

Disdukcapil Banda Aceh
A A A

BANDA ACEH - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Banda Aceh telah menyerahkan sebanyak 88 Kartu Identitas Anak (KIA) kepada tiga TK/PAUD Negeri yang telah melakukan Penandatangan Kerja Sama (PKS) dengan Disdukcapil Kota Banda Aceh.

“Ini merupakan hasil dari kerja sama pada bulan Februari lalu, kita sudah menyerahkan KIA ini kepada TK Negeri 2 sebanyak 27 KIA dan TK Negeri 3 sebanyak 24 KIA ini baru dua sekolah yang sudah kita proses empat sekolah lagi sedang kita proses,” kata Kepala Disdukcapil Kota Banda Aceh, Dra.Emila Sovayana di Kantornya, Kamis (08/04/2021).

Tidak hanya pada sekolah yang sudah melakukan PKS juga diberikan kepada sekolah yang akan dilakukan PKS karena telah menyiapkan perayaratan dengan lengkap sehingga sudah diproses dan diserahkan sebanyak 37 KIA kepada TK Pemda.

Emila menjelaskan, perolehan KIA tersebut didapatkan setelah diajukan oleh sekolah-sekolah yang telah bekerjasama dengan Disdukcapil.

“Sebenarnya KIA ini yang mengurus itu orang tua dari anak-anaknya, tapi dalam upaya memudahkan masyarakat kita kerjasama dengan sekolah sehingga orang tua hanya menyiapkan persyaratannya dan sekolah yang akan mengurus,” jelas Emila.

Kata Emila, KIA ini sebagai salah satu hak anak untuk mendapatkan dokumen indentitas, pendataan, perlindungan anak dalam memenuhi pelayanan publik di Banda Aceh.

“Jadi dengan adanya KIA si anak sudah ada tanda pengenalnya yang akan memudahkan untuk mendapatkan pelayanan publik seperti untuk pendaftaran masuk sekolah dan database anak sudah tersedia untuk sistem zonasi sekolah yang databasenya dari Disdukcapil,” kata Emila yang juga pernah menjabat sebagai Plt. Kepala DP3AP2KB.

Saat ini, Banda Aceh sudah melebihi angka persyaratan pemenuhan KIA secara nasional yaitu mencapai angka 80% tentunya hal tersebut karena kesadaran masyarakat terhadap pentingnya KIA.

“Secara nasional persyaratan pemenuhan KIA di suatu daerah itu 30% dan Banda Aceh sudah mencapai 80% artinya kesadaran masyarakat tentang KIA di Kota Banda Aceh sudah sangat bagus dan bahkan ada anak-anaknya sendiri yang langsung datang ke Kantor Disdukcapil untuk mendaftarkan KIA," katanya.

Emila mengimbau bagi orang tua agar segera menggantikan KIA bagi anaknya yang sudah berumur 5 tahun dan yang sudah berumur 17 tahun agar menggantikan ke KTP.[]

Rubrik:GEMILANG

Komentar

Loading...