Dinsos Pastikan Stok Bantuan Masa Panik Masih Aman

SAMSUDIN.
A A A

BENER MERIAH – Bencana merupakan musibah yang bisa terjadi kapan saja, dimana saja untuk itu perlu kewaspadaan dan kesiagaan menghadapi bencana.

Bencana yang sering terjadi di Kabupaten Bener Meriah, tanah longsor, angin puting beliung, kebakaran dan banjir bandang.

Guna menghadapi masa panik ketika masyarakat tertimpa bencana, Dinas sosial Kabupaten Bener Meriah biasanya langsung memberikan bantuan logistik masa panik berupa, makanan, pakaian dan lain-lannya.

Saat dikonfirmasi awak media usai mengikuti apal gelar pasukan siaga bencana, Kepala Dinas Sosial Bener Meriah Almanar mengatakan, sejauh ini stok logistik bantuan masa panik bagi masyarakat yang tertimpa bencana insya allah masih tersedia di gudang.

“Kita tidak meminta bencana itu datang, namun perlu waspada dan kesiap siagaan menghadapi terjadinya bencana olehnya kalau bantuan logistik seperi makanan, pakaian, dan lainya masih tersedia untuk berapa bulan kalau bencana yang bersifat kecil “ ungkap Almanar.

Dikatakannya, pada prinsipnya  Dinas sosial ketika bencana baik kebakaran, angin puting beliung, longsor dan banjir bandang bila musibah itu sudah menimpa masyarakat maka harus memberikan bantuan sesuai dengan sekala kemampuan dan jumlah yang dimiliki.

Ia menghimbau kepada seluruh masyarakat Bener Meriah, agar meningkatkan kewaspadaan agar tidak tertimpa musibah yang tidak di inginkan.

"Kalau bepergian pastikan kompor gas dimatikan,begitu listrik, selain itu bila musim penghujan juga harus meningkatkan kewaspadaan bagi masyarakat yang berada dikawasan rawan longsor," sebut Almanar.

Disampaikan Alamanar, aset Dinas sosial yang paling berharga saat kebencanaan adalah relawan Taruna Siaga Bencana (tagana), karena Tagana sebagai ujung tombak dalam upaya penangan bencana. Oleh karena itu keberadaan satgas Tagana itu sangat penting di daerah.

Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...