Pengamat Kebijakan Publik, Dr. Nasrul Zaman, ST, M.Kes kembali menjadi narasumber peHTem edisi Senin, 28 November 2022 episode ke 29 Tahun ke 3 dengan tema: Pemko Banda Aceh Terutang Akibat Mantan Bankir Tak Becus Pimpin Kota? yang dipandu oleh host Siti Aminah, S.IP, M.MLS, Jangan lupa like share comment and subsribe.

Dinas Perdagangan Kabupaten Bener Meriah Miliki 450 Form SKA

SamsuddinAbdul Kadir sedang menunjukan form SKA
A A A

ACEHIMAGE.COM – Bagi para pengusaha atau eksportir yang membutuhkan dokumen izin Surat Keterangan Asal (SKA) atau certificate sekarang ini tidak perlu jauh untuk mendapatkannya, sebab Kabupaten Bener Meriah saat ini sudah resmi dapat mengeluarkan SKA tersebut.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Bener Meriah, Abdul Kadir kepada wartawan di ruang kerjanya. Selasa, 25 Oktober 2022.

Menurut Kadir, untuk saat ini Kabupaten Bener Meriah telah mendapatkan 450 form SKA dengan berbagai tipe. Hal itu sesuai dengan negara tujuan ekspor itu sendiri.

“Sedikitnya ada empat tipe form SKA yang kita miliki diantaranya, model form A -JAB, model form ICO-JAC, model D –JDC, dan model form IJEPA-JAG,” kata Kadir.

Dijelaskan Kadir, selama ini para eksportir dari Bener Meriah ketika memerlukan SKA mereka terpaksa mengurusnya dari Kabupaten lain bahkan provinsi lain. “Dulu ketika pengusaha butuh SKA mereka ada yang mengurus dari Kabupaten Aceh Tengah, Banda Aceh bahkan Sumatera Utara, Medan. Tetapi tahun ini jika mereka membutuhkan sudah dapat membuat SKA di Bener Meriah,” ujar Kadir.

Ia menambahkan, untuk mengantongi SKA ini para eksportir hanya membayar kisaran Rp35 ribu rupiah per form dan itupun ditransfer ke pusat bukan ke kita.

“SKA ini dikeluarkan oleh Kementerian Perdagangan melalui Dinas Perdagangan Kabupaten Bener Meriah sebab, Bener Meriah sudah memiliki SK pejabat SKA dan SK Instansi SKA yakni di Disperindag,” ungkapnya.

Seperti diketahui, kata Kadir, Kabupaten Bener Meriah  mendapatkan SK SKA tersebut tepat pada HUT RI ke-77 tahun 2022 tepatnya pada tanggal 17 Agustus 2022.

“Pejabat pembuat SKA juga telah mengikuti pelatihan beberapa hari yang lalu di Jakarta, mudah-mudahan tidak ada kendala lagi untuk menerbitkan Izin SKA dari Bener Meriah,” ucap Kadir.[]

Komentar

Loading...