Mantan Anggota Parlemen RI Ghazali Abbas Adan menyebutkan Wali Nanggroe Memang bukan maqam (neuduek)-nya Malik Mahmud Al Haytar. Dimana seharusnya sosok Wali Nanggroe sebagai pemersatu masyarakat Aceh. Ini disampaikan Ghazali setelah Aktivis Kebudayaan sekaligus Pendiri Institut Peradaban Aceh, Haekal Afifa meminta Wali Nanggroe Aceh menegur dan memperingatkan DPRA terkait polemik yang terjadi dengan Pemerintah Aceh saat ini.

Sekjen PBB

Desak Hentikan Sikap Diskriminatif Terkait Corona

ISTIMEWASekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Antonio Guterres.
A A A

JAKARTA — Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Antonio Guterres, menyerukan pada Jumat (8/5) untuk mengakhiri sikap kebencian dan takut dengan orang asing (xenofobia) yang dipicu oleh pandemi virus corona (Covid-19).

"Sentimen anti-asing telah meningkat secara daring dan di jalanan, teori konspirasi anti-Semit (Yahudi) menyebar, dan serangan anti-Muslim terkait Covid-19 telah terjadi," kata Guterres dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir AFP, Jumat (8/5).

Menurut Guterres, para migran dan pengungsi difitnah sebagai sumber virus corona dan ditolak untuk mendapatkan akses perawatan medis.

Sementara itu, muncul beberapa meme yang menunjukkan bahwa orang tua merupakan kelompok yang dikorbankan karena mereka paling rentan terhadap virus corona.

"Wartawan, pelapor kasus, profesional kesehatan, pekerja bantuan, dan pembela HAM juga menjadi sasaran hanya karena melakukan pekerjaan mereka," kata Guterres.

Guterres mengimbau upaya habis-habisan untuk mengakhiri ujaran kebencian secara global dan memilih lembaga pendidikan untuk mengajarkan literasi digital kepada para pemuda.

Guterres juga meminta media, terutama media sosial, berupaya lebih untuk menandai dan menghapus ujaran rasis, misoginis (anti-perempuan) dan konten berbahaya lainnya.

Sumber:CNNINDONESIA.COM
Rubrik:DUNIA

Komentar

Loading...